PT. Pupuk Kaltim Bakal Investasi Rp 30 Triliun di Papua Barat

FAKFAK, kabartimur.com- PT. Pupuk Kaltim dipastikan bakal berinvestasi dengan membangun pabrik di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Hal ini disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia pada Kamis (14/07/2023).

Bahlil menyebut, pembangunan pabrik pupuk tersebut akan dimulai pada akhir tahun 2023 mendatang.

” Rencananya akan mulai pemetaan lahan pada bulan September sehingga kita bisa memulai pekerjaan di akhir tahun 2023,” katanya kepada wartawan di Fakfak.

Bahlil menyebut, pembangunan pabrik ini bukan dari APBN maupun APBD, melainkan murni investasi.

” Ingat bahwa proyek ini bukan proyek APBN atau APBD, tapi murni dari investasi murni sekitar Rp 30 triliun dan tidak ada investasi sebesar ini di kabupaten lain di Tanah Papua, hanya di Fakfak saja, jadi pesan dari pak presiden agar investasi ini tolong dijaga baik-baik,” ungkapnya.

Baca Juga :   W20, Kanal Pembayaran Pajak dan Retribusi di Papua Barat Diluncurkan

Dikatakan, pembangunan pabrik pupuk di Fakfak tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pupuk di Indonesia Timur, tapi juga dapat di ekspor ke luar negeri.

” Jadi pabrik pupuk yang akan dibangun di Fakfak itu orientasinya tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tapi juga ekspor ke Australia, Papua New Guinea dan Philipina. Serta untuk menyuplai kebutuhan pupuk di Indonesia Timur, karena di kawasan timur Indonesia belum ada pabrik pupuk,” terangnya.

Tak hanya itu, pembangunan pabrik pupuk tersebut akan membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

” Masa depan Indonesia itu adalah Papua karena pertanian modern akan dikembangkan di Papua. Dampaknya juga akan dirasakan oleh mama-mama yang jual ikan dan sayur di pasar, jadi kehadiran pabrik pupuk ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :   Kejurda Grasstrack Series 1 Tahun 2023 di Sirkuit Grasstrack Kampung Inoduas Pami, Ketua KONI PB: Junjung Tinggi Sportivitas

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat menyambut positif upaya pemerintah pusat untuk memajukan daerah.

Menurutnya, kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat sangat tepat untuk memajukan daerah-daerah du Indonesia Timur.

” Berbagai kebijakan yang sudah turun disini kami mengucapkan alhamdulillah, Puji Tuhan karena kebijakan yang turun untuk mengimbangi saudara-saudara kita yang ada di Indonesia Barat. Ketika kita (pemerintah) bekerja dengan baik, maka masyarakat juga akan sejahtera,” tandasnya. (*)

Pos terkait