Polsubsektor Pelabuhan Wasior Terbentuk, Andi Kayukatuy Harap Keamanan dan Kenyamanan di Kawasan Pelabuhan Semakin Terjamin

WASIOR – Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy berharap pembentukan Polsubsektor Kawasan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di areal pelabuhan.

Terutama pada saat keluar masuk kapal baik kapal penumpang maupun kapal barang.

“Keamanan dan ketertiban di kawasan pelabuhan menjadi penting bagi kita semua terutama pada saat masuk keluarnya kapal biasanya terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan, “ujar Andi, demikian panggilan karib Wakil Bupati Teluk Wondama pada acara pengukuhan Polsubsektor Kawasan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior, Sabtu (16/7/2022).

Maka dari itu orang nomor dua Pemkab Wondama juga berharap anggota Polri yang bertugas di Polsubsektor Kawasan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior selalu tanggap dan responsif terhadap potensi kerawanan yang terjadi di kawasan pelabuhan.

“Biasanya saat kapal masuk dan kelar terjadi tindakan kriminal dan tindakan pidana yang harus kita cegah, harus kita atasi sehingga tidak menimbulkan efek yang membuat masyarakat tidak merasa aman dan nyaman, “pesan eks Kepala Dinas Sosial Kabupaten Teluk Wondama itu.

Baca Juga :   Satu Pejabat Eselon II Pemkab Wondama Terinfeksi Corona, Gejalanya Hilang Indera Penciuman

Polsubsektor Kawasan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior merupakan Polsubsektor pertama di bawah naungan Polres Teluk Wondama setelah sebelumnya selama 8 tahun berstatus Pospam (pos pengamanan).

Peningkatan status dari Pospam Pelabuhan Wasior menjadi Polsubsektor Kawasan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior berdasakan Keputusan Kapolda Papua Barat nomor : Kep/224/VI/2022.

Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru menjelaskan, pada 2020 pihaknya mengusulkan peningkatan status 6 Pospam menjadi Polsubsektor. Namun baru satu yang disetujui yakni Polsubsektor Kawasan Pelabuhan Kuri Pasai Wasior.

“Saya tetap bertekad terkait dengan pembentukan Polsubsektor yang lain, apalagi sudah ada rencana DOB baru (calon Kabupaten Kuri Wamesa), jadi di daerah sana perlu ada penambahan Polsek lagi.

Mudah-mudahan paling lambat tahun depan ada tambahan Polsubsektor lagi, “ujar mantan Kapolsek KP3 Pelabuhan Bakauheni Lampung. (Nday)

Pos terkait