Menyongsong HUT RI Ke-77, Kejuaraan Bola Voli Piala Gubernur Papua Barat Digelar

MANOKWARI, Kabartimur.com- Dalam rangka Menyongsong HUT RI Ke-77 Pemerintah Provisni Papua bekerjasama dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menggelar ivent Pertandingan kejuaraan bola voli piala gubernur Papua barat.

Pertandingan tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut (16-18juli 2022) di Gedung Olahraga (GOR) Sanggeng yang dibuka langsung oleh PJ Gubernur Papua Barat Komjen pol (purn) Drs. Paulus Waterpau M.Si dan dihadiri oleh Bupati Manokwari dan pimpinan Forkopimda dan OPD Papua Barat.

Ketua panitia, Yohanis Momot dalam penyampaiannya melalui sekertaris panitia yang juga adalah ketua umum PBVSI Papua Barat , Moses Rudi F Timisela mengatakan bahwa Piala gubernur voli indoor yang dilaksanakan hari ini merupakan inisiatif penjabat gubernur Papua Barat dalam rangka menyongsong HUT RI Ke 77 tahun.

Rudi menyebut bahwa pertandingan bola voli diikuti oleh 30 klub putri dan 20 klub putra yang ada di Manokwari.

Pihaknya berharap melalui ivent tersebut bisa membangkitan olahraga bola voli di Papua Barat secara menyeluruh terutama di Manokwari.

“Kami dari PBVSI Papua Barat saya selaku ketua menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bapak gubernur Papua Barat dan juga ketua panitia yang telah berupaya dan bersedia mengembalikan kejayaan bola voli di Manokwari dengan mengadakan pertandingan ini” ujar Rudi.

Baca Juga :   Ijin Toko Bintang Jaya Terancam Dicabut, Pemiliknya Bakal Diusir Dari Manokwari

Rudi menambahkan bahwa dengan adanya pelaksanaan event kejuaraan kali ini kedepannya akan terus digelar dan menjadi ivent tahunan dan akan berjalan di kabupaten/kota lainnya di wilayah Papua barat.

“Kami senang dan bangga bisa melihat semangat tim-tim bola voli di Manokwari yang telah hadir dan ikut berpartisipasi dalam kejuaraan ini, meskipun pengumuman pelaksanaan terkesan cepat namun Panitia bekerja secara maksimal untuk melakukan rehab GOR Sanggeng dalam waktu dua hari dan pertandingan bisa terlaksana hari ini” terang Rudi.

Untuk peserta kejuaraan pertandingan ini pesertanya khusus di kabupaten manokwari namun untuk event berikutnya akan melibatkan serta mengundang kabupaten kota yang lain untuk berpartisipasi.Selain pertandingan bola voli juga akan dilakukan pertandingan voli pasir Minggu depan.

Adapun output dari ivent ini kata Rudi , akan menjadi gambaran untuk persiapan mencari dan membina bibit atlit yang dinilai berprestasi secara khusus kepada atlit muda yang kemudian akan diorbitkan ke tingkat nasional dan juga persiapan PON berikutnya.

Sementara itu penjabat gubernur Papua Barat Komjen pol (purn) Drs. Paulus Waterpau M.Si dalam sambutannya menekankan bahwa sudah saatnya Papua Barat membangun SDM yang tidak hanya unggul di bidang politik, pemerintahan, ataupun yang lainnya tetapi Papua Barat juga harus fokus mengisi kemerdekaan negara dalam mempersiapkan, membangun generasi muda yang handal, profesional dan berprestasi dalam dunia olahraga.

Baca Juga :   HUT ke-60 PEPABRI, Bupati Manokwari Ajak Kukuhkan Semangat Nasionalisme

“Selaku gubernur Papua Barat saya mengajak semua komponen baik instansi pemerintahan provinsi Papua Barat/kabupaten/kota/TNI/polri/sektor swasta pihak sekolah para guru baik tingkat SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang paling dasar adalah orang tua” harap orang nomor 1 di Papua Barat ini.

Pihaknya mengajak bergandengan tangan untuk menggali potensi-potensi yang terkandung di dalam jiwa generasi muda.
“Mari apapun itu minat dan bakat anak-anak kita, harus dikawal, dibimbing dengan baik untuk berprestasi” ujarnya.

Menurutnya,Papua Barat adalah gudang para calon atlet masa depan yang sesungguhnya hanya butuh sentuhan dan selaku pejabat gubernur Papua Barat memiliki kerinduan untuk melihat generasi kedepan 5-10 tahun memiliki anak-anak bangsa yang hebat di berbagai bidang olahraga apa saja termasuk bola voli.

“Bola voli pun juga merupakan cabang olahraga yang sudah berumur tua di tanah Papua, voli dikenal dari kampung sampai ke kota-kota di tanah Papua khususnya di Papua Barat, saya pun salah satu anak Papua yang memiliki hobi di olahraga bola voli dan pengurus provinsi PBVSI segera menyiapkan dan melaksanakan voli indoor dan voli pasir di tanah Papua Barat” pesan Waterpau.

Baca Juga :   Cegah Corona, 200 Baju Astronot Akan Didatangkan Besok ke Ibukota Papua Barat

Dirinya berharap pertandingan voli ini merupakan pemicu semangat yang menggelorakan kembali kebangkitan insan voli Manokwari tapi juga Papua Barat dan mengajak pengurus PBVSI baik di tingkat Pengprov,pengcab kabupaten/kota untuk saling bersinergi membangun SDM voli ke depan.

Selain itu ivent Pon 2024 yang akan dilangsungkan di Aceh Sumatera Barat Waterpau menekankan tidak boleh lagi ada pemain kontrakan dan semuanya harus anak-anak bangsa Indonesia yang asli Papua Barat.

“Bagi para wasit selamat bertugas dalam ajang ini, para peserta pertandingan 30 tim putra dan 20 tim Putri selamat bertanding, terus jagalah sportivitas, kembangkanlah kemampuan, tunjukkan pada saudara-saudara setanah air, bahwa kitong anak-anak Papua Barat juga bisa dan mampu memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama ibu Pertiwi” imbuh Waterpau.

“Kobarkanlah dan gaungkanlah semangat juang dan gelorakan jiwa olahraga dalam menyongsong hari ulang tahun negara kita Republik Indonesia yang ke 77” pungkasnya (Red/VR)

Pos terkait