Polda Papua Barat Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra Mansinam 2019

  • Whatsapp

MANOKWARI- Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat melakasanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Zebra Mansinam tahun 2019 di Lapangan Polda setempat, Rabu (23/10/2019). Operasi tersebut berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia, mulai tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019.

Operasi dilaksanakan guna mengatasi permasalahan lalu lintas dalam berbagai upaya untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas dengan memberdayakan seluruh stakeholder.

Wakil Kepala Polda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan agar supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcar lantas.

Keterpaduan langkah dimaksud dapat menunjang pelaksanaan tugas amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Resolusi PBB tentang Decade of Action. Selain itu dijabarkan melalui Keppres Nomor 4 Tahun 2011 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Lalu Lintas, di tahun 2018 pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2016 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan
Angkutan Jalan.

Baca Juga :   Salut! 18 Petugas Medis Wondama Ini Siap Bertaruh Nyawa Rawat Pasien Covid-19

“Ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas seperti pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur,pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk, dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan,” kata Herry.

“Dengan dilakukan penegakkan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan Operasi Zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan Kamseltibcar dalam berlalu lintas,” terangnya.(sgf)

Pos terkait