Pesan Kapolda PB ke Anggota Polres Wondama : Siap Siaga Hadapi Bencana, Masyarakat adalah Kawan

WASIOR – Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengingatkan jajaran Polres Teluk Wondama untuk selalu siap siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di Wondama.

Selain untuk menjamin keselamatan diri pribadi dan juga keluarga, Kapolda menekankan kesiapsiagaan juga penting agar personel Polres Wondama bisa diandalkan untuk menolong masyarakat ketika terjadi bencana.

Bacaan Lainnya

“Saya dengar laporan daerah ini rawan bencana. Kalau hujan sering terjadi bencana (banjir). Jadi kalian harus selalu siap setiap waktu. Jadi kalau ada bencana, kalau masyarakat butuh pertolongan jangan sampai kita tidak siap, “ pesan Irjen Silitonga.

Hal itu disampaikan Kapolda Papua Barat saat berkunjung ke markas Polres Teluk Wondama di Isui dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Teluk Wondama, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga :   Soal Rencana Demo Tolak DOB, Kapolda PB: Sampaikan Aspirasi Dengan Tertib

Dalam kunjungan kerja perdana ke  Teluk Wondama,  Kapolda Silitonga didampingi Irwasda Kombes Pol God Help Cornelis Mansembra, Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Pria Premos dan Koorspripim AKBP Hari Sutanto.

Jenderal Polisi bintang dua itu bersama tiba di Wasior pada Selasa malam setelah menempuh perjalanan darat dari Manokwari selama lebih kurang 11 jam.

Lebih lanjut dalam arahannya, Silitonga juga menekankan kepada segenap anggota Polres Teluk Wondama untuk selalu melayani masyarakat dengan baik. Dia mengingatkan bahwa institusi kepolisian bisa ada karena ada masyarakat.

Karena itu Kapolda menekankan segenap anggota Polri wajib memberikan rasa aman bagi masyarakat di manapun dia berada.

“Kalau kalian hadir tidak membuat masyarakat merasa aman dan nyaman, maka kehadiran kalian menjadi sia-sia. Layani masyarakat dengan baik agar masyarakat merasa Polisi itu ada, “pesan Irjen Silitong lagi.

Baca Juga :   Gugus Tugas COVID-19 : Belum Ada Kasus Positif Corona di Wondama

Selanjutnya, Kapolda juga berpesan agar segenap personel Polres Teluk Wondama harus terus membangun hubungan baik dengan semua elemen masyarakat. Termasuk dengan Pemda juga satuan TNI dan instansi lainnya.

“Masyarakat harus menjadi kawan, Kiri kanan, depan belakang semua harus jadi partner kerja kita, “ ucap Kapolda yang dalam kesempatan itu didampingi Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru.

Terakhir dalam arahannya, orang nomor satu Polda Papua Barat itu mendorong setiap personel Polres Wondama untuk menjadikan diri idola atau panutan bagi masyarakat.

Antara lain dengan menghindari perilaku atau tindakan yang tidak terpuji seperti kebiasaan mabuk-mabukan, suka bikin pelanggaran dan menjadi biang masalah di masyarakat.

“Ciptakan diri kamu menjadi figur untuk jadi idola di masyarakat. Paling tidak jadi idola di rumah dulu, jadi idola istri dan anak-anakmu. Jadi apapun jabatan, posisi di manapun bertugas harus bisa jadi contoh dan idola, “pesan Kapolda yang baru sekitar sebulan bertugas di Papua Barat.

Baca Juga :   Film Lamek, Kapolda Papua Barat: Saya Tersentuh dan Tersinggung

Sebelum memberi arahan kepada personel Polres Wondama, Kapolda berkesempatan melakukan audensi dengan Forkopimda Teluk Wondama yang diikuti Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Dandim Persiapan Letkol Inf Saheri dan Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru.

Selain meninjau Mapolres, dalam kunjugan itu Kapolda bersama rombongan juga berkunjung ke markas Satgas BKO Raider Khusus 136/TS Pos Rasiei di Manggurai dan ziarah rohani ke Situs Batu Peradaban di Bukit Aitumeiri di Miei Wasior. (Nday)

 

Pos terkait