Peringati HPSN, Pers Haltim Bersama Bupati Lakukan Penaburan Tong Sampah

HALTIM,Kabartimur.Com – Pers Kota Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut), bersama Pemerintah Daerah melakukan penaburan tong sampah di sejumlah titik di kecamatan Kota Maba. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2022.

Ketua Pers Kota, Akmal Lule, kepada wartawan mengatakan dalam rangka kegiatan HPSN tersebut, Pers Kota melaksanakan sejumlah kegiatan mulai pemasangan pamflet dan spanduk edukasi di 100 titik di dua wilayah yakni kecamatan Kota Maba maupun Kecamatan Maba. ” Pers Kota bekerja sama dengan Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Haltim dimana rangkaian kegiatan yang sudah kami lakukan adalah pemasangan pamflet atau spanduk edukasi tentang bahaya sampah yang kami tanam di 100 titik rawan sampah,”jelas Akmal.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Keceriaan Kampung Iseren Menyambut Peresmian BTS 4G: Lompatan Kecil Mengangkat Kemajuan Daerah Terpencil

Kata dia, dengan adanya pemasangan pamflet dan penaburan tong sampah, diharapkan masyarakat bisa sadar akan bahaya sampah yang selalu menghantui kehidupan manusia.” Kita ingin mengedukasi masyarakat agar menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Lanjut Akmal, kegiatan tersebut mendapat support langsung oleh sejumlah perusahaan tambang di wilayah Halmahera Timur terutama PT.Antam.tbk. ” Kami juga sampaikan apresiasi kepada para pihak terutama PT.antam yang telah membantu menjadi sponsor utama dalam kegiatan HPSN tahun 2022 yang kami laksanakan ini,” terangnya.

Terpisah, Kepala DPLH Haltim, Harjon Gafur mengaku bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pers Kota, pasalnya kehadiran pers dalam momentum HPSN tahun ini, bukan saja membuat berita tetapi juga secara nyata berbuat untuk masyarakat.” Kita juga sangat bersukur karena kehadiran pers sangat membantu pemerintah Daerah, terutama dalam menyongsong STQ tahun 2023 mendatang,” katanya.

Baca Juga :   Kepengurusan Organisasi Pers Kota Halmahera Timur Terbentuk

Kata dia, sebagaimana agenda pemerintah Daerah Haltim yang di tunjuk sebagai tuan rumah STQ tingkat Provinsi, DPLH dan Pers Kota akan berkomitmen untuk melakukan pengadaan tong sampah sebayak mungkin dalam mendukung kegitan tersebut. ” Jadi kami agendakan di tahun ini 250 tong sampah akan kita realisasi, dan kegiatan ini hanya langkah awal dan akan kami tindaklanjuti,” ungkapnya.

Bupati Halmahera Timur, Hi. Ubaid Yakub, mengapresiasi kehadiran Pers kota dalam membantu pemerintah daerah dalam penyediaan tong sampah.” Tentu ini adalah langkah manju yang sangat saya apresiasi dan berterima kasih, muda mudahan berguna bagi daerah dan masyarakat,” katanya.

Orang nomor satu itu juga menginstruksikan kepada para pimpinan OPD agar semuanya melakukan tong sampah seperti yang sudah dilakukan wartawan. ” Masa Pers Kota saja bisa, Kita SKPD tidak bisa, jadi saya minta agar pimpinan SKPD segera melakukan pengadaan tong sampah minimal 2 buah di kantor masing masing,” tegas Ubaid.

Baca Juga :   Bupati Haltim Sebut Dua Perusahaan yang Komitmen Berkontribusi Untuk Pembangunan Daerah

Sementara itu, dirinya meminta agar adanya kesadaran dari semua pihak terutama masyarakat agar bersama sama menjaga kebersihan lingkungan terutama di wilayah kota Maba yang merupakan pusat ibu kota Kabupaten. ” Yang paling penting adalah peduli, meskipun sampah ini kita anggap kecil tetapi kalau kita tidak peduli tidak bisa, jadi peduli itu penting, tinggal kita semua memaknai kata peduli terutama peduli sampah itu seperti apa,” pungkasnya menutup.(Red/Ruslan )

Pos terkait