Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sudah Berjalan Baik, Musrenbang Kecamatan Sopai Selesai Dalam Waktu Singkat

Toraja Utara, Kabartimur.com- Musyawarah rencana pembangunan daerah kecamatan Sopai Kamis (29/2) cukup maraton. Dibuka oleh Camat Paulina Ruru Banne sekitar jam 10 pagi, Musrenbang tersebut selesai hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Meski selesai dalam waktu singkat, tidak berarti bahwa usulan yang diajukan oleh masing-masing perwakilan lembang/kelurahan tersebut tidak merepresentasikan usulan masyarakat. Selesainya kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan dalam waktu singkat tersebut karena penerapan Sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) sudah diimplementasikan oleh aparat pemerintah hingga tingkat Lembang/Kelurahan.

Untuk itu, kegiatan Musrenbang ditingkat kecamatan hanya memverifikasi, validasi dan penguatan data usulan dari masing-masing Lembang/kelurahan. Sebelum kegiatan itu dilakukan pemerintah Lembang kelurahan se-kecamatan Sopai sudah menginput usulan masing-masing kedalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sebagai aplikasi umum pemerintah daerah dalam sistem SPBE.

” Jadi pada kegiatan tadi, masing-masing Lembang/kelurahan tinggal diarahkan untuk mengenali pengelompokan usulan sesuai dengan pengelompokan program dari Bappeda Toraja Utara yakni Bidang Sosial Budaya, Bidang Fisik Prasarana dan sumber daya (Fispra) serta bidang Perekonomian” Katanya.

Baca Juga :   Dari Rumah Jabatan Bupati, KNPI Akhirnya Menuju Polres Toraja Utara

Penerapan SIPD di wilayah Toraja Utara terbilang cukup cepat, dimana SIPD ini sendiri baru saja launching sejak 2 Tahun lalu bertepatan dengan peringatan hari anti korupsi sedunia, yang mana salah satu tujuan penerapan aplikasi umum pemerintah daerah dalam SPBE tersebut memang untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas pemerintah daerah seperti yang terlihat pada momen Musrenbang di kecamatan Sopai Toraja Utara yang dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Harapan Camat Sopai Kaitan dengan program kegiatan yang sudah diusulkan oleh masing-masing Lembang/kelurahan se-kecamatan Sopai tersebut diharapkan dapat terakomodir seluruhnya dalam program kerja pemerintah daerah Toraja Utara di tahun 2025 mendatang.

Sesuai dengan pantauan media, Kegiatan Musrenbang Sopai ini ikut dikawal oleh Anggota DPRD Toraja Utara dari dapil 4 yang meliputi Kecamatan Sopai Harun Rante Lembang, Satu-satunya anggota DPRD dari dapil 4 Toraja Utara. Meski demikian Harun tetap memberikan jawaban perlindungan terhadap rekan anggota DPR-nya dari dapil yang sama bahwa ketidak hadiran rekan anggota DPR tersebut karena adanya kemungkinan mengawal kegiatan yang sama di kecamatan lainnya di dapil 4 Toraja Utara ini. *Soetanto*

Pos terkait