Pemuda Muhammadiyah Pertanyakan Urgensi Asesment Sekda Di Ternate

KABARTIMUR,HALTIM – Pemuda Muhammadiyah (PM) HalmaheraTimur (Hatim) Provinsi Maluku Utara (Malut) mempertanyakan kinerja Panitia Seleksi (Pansel) Assesment Sekretaris Daerah (Sekda) Hamahera Timur (Haltim) yang melaksanakan Assesment di Kota Ternate.

Pasalnya menurut Pemuda Muhammadiyah, pelaksaan kegiatan yang di pusatkan di Kota Majang tersebut tidak memiliki urgensi sama sekali.
” Kenapa kegiatan pemerintah daerah yang semacam ini harus dilaksankan di Ternate? Apa sebenarnya urgensinya,” Tanya Ketua Pemuda Muhammadiyah Haltim, Sukri Abdullah.

Sukri mengatakan, Pansel seharusnya menjadikan gedung Pemda Haltim sebagai ikon kegiatan bergengsi yang baru pertama kali di laksanakan Pemkab Haltim itu agar bisa dengan mudah di akses oleh masyarakat Halmahera Timur.

” Sepertinya tidak ada kepercayaan diri dari Panitia Seleksi, sehingga kegiatan se sakral ini harus dilaksankan di ternate,” Katanya.

Kata Sukri, tidak mempersoalkan substansi kegiatan, namun menurutnya hingga saat ini untuk fasilitas pendukung yang ada di kantor Bupati sangatlah memadai sehingga tidak ada alasan panitia melaksanaan kegiatan tersebut di salah satu hotel yang ada di Ternate.
” Kalau untuk fasilitas, menurut kajian Pemuda Muhammadiyah, Kantor Bupati Halmahera Timur juga masih sangat representatif, apalagi kalau terkait jaringan internet, di kantor bupati itu ada 100 MBPS kapasitas jaringan yang ada, jadi tidak ada urgensinya kegiatan itu dilaksankan di kota ternate,” Ujar Sukri.

Baca Juga :   Kota Tidore Pimpin Juara Umum STQH Ke XXVII Tingkat Provinsi Maluku Utara Di Halmahera Timur 2023

Dirinya juga menyingung jika kegiatan tersebut lebih ideal jika Panitia mendatangkan para tim Assesor ke Halmahera Timur, selain sebagai langkah promosi Halmahera Timur baik sosial kulturnya juga tentu lebih menghemat biaya .” Tapi ini sudah terjadi, kita berharap agar kritik ini sebagai bahan evaluasi kedepan oleh Pemda Haltim,” jelas Sukri.

Kata dia, Pemuda Muhmadiyah Haltim, berharap siapapun Sekda yang nanti terpilih benar benar kapabel dan selaras dengan visi Bupati dan Wakil Bupati saat ini, tentu agar seluruh program Bupati dan Wakil bupati bisa tuntas di periodesasi yang terbilang singkat ini.
” Terutama terkait peningkatan performa ASN, baik tatakelolah maupun kedisiplinan aparatur, dan juga harapan kita bisa mendampingi Bupati memuluskan program program yang sudah di canangkan,” pinta Sukri.

Terpisah, Sekretatis BKD Haltim, Jamal Esa, dikonfimasi via telopon mengatakatan pelaksanaan kegiatan yang dilaksanaka di Kota Ternate, tidak ada tendensi lain.

Baca Juga :   Dugaan Perundungan Anak di SDN 35 Sanggeng Pihak Sekolah Terkesan Tutup Mata

Menurutnya kegiatan semacam ini justru sudah bisa dilaksankan di Halmahera Timur (Hatim) namun ada beberapa alasan kenapa kegiatan tersebut dilaksankan di kota ternate.

” Kalau di Maba sudah sangat layak, tetapi kenapa kita laksanakan di Ternate, karena kita ingin dekatkan peserta Assesmen dengan Tim Assesor dan Timsel, karena mereka selain dari Akademisi di Ternate, ada juga dari BKN Manado untuk itu kita ingin dekatkan mereka dengan peserta, selain itu juga terkait dengan kondisi Pandemi dimana saat ini banyak dilakukan pembatasan, pertimbangan pertimbangan semacam ini yang kita ambil sehingga kita laksanakan di Ternate” ujar Jamal.

Meski begitu, dirinya menegaskan meskipun kegiatan tersebut dilaksanakan di Kota Ternate, namun menurut dia tidak akan merubah substansi kegian.

” Kita berharap agar kegitan ini bisa berjalan dengan baik sesuai tahpan yang sudah ada,” singkatnya menutup.
(RH/RED).

Pos terkait