Pemkab Siapkan KM Rahmat Ilahi Bagi Warga Maba Utara

HALTIM,KABARTIMUR -Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan kapal pengganti KM Nur Abadi yang sudah tidak lagi beroperasi karena terbakar beberapa waktu lalu di pelabuhan Maba Pura Kecamatan Kota Maba.

Salah satu kapal yang disiapkan Pemkab haltim tersebut adalah KM Rahmat Ilahi untuk mengganti kapal sebelumnya yang sudah tidak lagi beroperasi.

Kepala dinas Perhubungan Halmahera Timur , Irmawati Abdul Kader, saat di konfirmasi mengatakan pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan pihak KUPP Buli dan Nahkoda kapal Rahmat ilahi untuk realisasi pelayanan rute yang ada.

” Koordinasi sudah kami lakukan pasca kebakaran kapal Nur Abadi, saya juga sudah koordinasi dengan pihak KUPP buli dan juga sudah koordinasi dengan nahkoda kapal rahmat ilahi kemarin,” jelasnya.

Kata dia, sesuai dengan hasil kordinasi yang di lakukan kapal Rahmat Ilahi di jadwalkan mulai beroperasi pada tanggal 03 Juni kemarin, namun karena kondisi cuaca ekstrim sehingga kapal belum bisa beroperasi.

Baca Juga :   AMAN Haltim Desak Pemerintah Evaluasi Ijin PT Antam

” Jadi mulai beroperasi insya allah hari selasa atau jumat minggu ini sudah mulai melayani rute maba utara-maba dan maba kota,” katanya.

Irmawati juga menambahkan, jika kapal pengganti tersebut berkapasitas lebih kecil dari kapal sebelumnya sehingga menyulitkan pihak kapal saat melakukan pelayaran saat cuaca ekstrim seperti yang terjadi saat ini.” Kapal Rahmat ilahi ini kapasitasnya kecil makanya agak sedikit hati hati itu yg di sampaikan oleh nahkodahnya,” ungkap dia.

Sementara itu, dirinya meminta masyarakat agar tidak berkecil hati, pasalnya pemerintah daerah melalui dinas perhubungan sedang mengupayakan pengadaan kapal pengganti yang memiliki kapasitas yang lebih besar untuk memudahkan masyarakat.” Kita sedang mengupayakan untuk ada kapal lain yang lebih besar,” Imbuhnya.

Terpisah, Sekda Haltim, Ricky Ch Richfat, dikonfirmasi mengatakan Pemkab berkomitmen untuk secepatnya mengsolusikan akses transportasi baik laut maupun darat bagi warga Maba Utara agar memudahkan masyarakat.”kita upayakan secepatnya, baik laut maupun darat,”singkat Ricky.
(RH/RED)

Pos terkait