Pemda Haltim Dapat Apresiasi Pada Pekan Kreativitas Arsitektur Ke-VIl di Kota Maba

HALTIM,Kabartimur.Com – Mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Arsitektur Universitas Khairun (Unkhair)Ternate melaksanakan kegiatan Pekan Kreativitas Arsitektur (PKA) Ke-VII, di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), yang bertempat dilapangan Pandopo Desa Soagimalaha.

Kegiatan Pekan Kreativitas Arsitektur Ke-VII mendapat sambutan dan Apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur. Kegiatan PKA Ke-VII dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Ricky CH Ricfat, Ketua Prodi Arsitektur Ibu Firdawaty Marasabessy, Kepala Dinas PUPR Haltim Revolino Merbas, Kadis Perkim Muliastuty beserta Jajar Forkopimda Haltim dan Panitia pelaksana Kreativitas Arsitektur (PKA) Ke-VII.

Bacaan Lainnya

Sekertaris Daerah (Sekda) Haltim Ricky CH Ricfat dalam sambutannya menyampaikan Dengan Kegiatan PKA Ke-VII ini Mudah-mudahan bisa memberikan sumbangsi pada masyarakat pada umum, khususnya Pemda Haltim.

Baca Juga :   DPRD Haltim Minta BKD Untuk Segera Memfalidasi Data Tenaga Non ASN

“Dengan adanya kegiatan PKA Ke- VII, muda Pemdah Haltim akan terus melakukan kerja sama dengan Teknik Arsitektur Untuk turut berkontribusi terhadap pembangunan derah yang ada di Haltim,” Ujar Ricky saat menyampaikan sambutan.

Kata Ricky, Teruslah berkreasi agar Fakulutas Arsitektur Unkhairt mempunyai kemajuan yang sangat pesat agar bisa menyaingi program studi teknik lainya diantaranya program studi Tekni Sipil dan Informatika.

“Jadi saya minta Kegiatan PKA Ke-VII yang diadakan di Haktim ini mempunyai nuansa yang berbeda yang sebelumnya dilakukan di 6 Kabupaten lainnya,” Tandasnya.

Ketua Zulkarnain Baba saat dikonfirmasi mengatakan Kreativitas Arsitektur (PKA) Ke-VII atapun Pameran karya Arsitektur yang bertempat di Kota Maba, merupakan suatu bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan ini berjalan selama satu minggu dimulai pada tanggal 24 sampai 30 Agustus.

“Jadi ada 14 item kegiatan yang akan ditampilkan selama ifen ini berlangsung diantaranya dialog, Sosialisasi, Pelatihan desain Grafis, belajar Arsitektur, bakti sosial, Saimbara tugu, pameran karya Arsitektur, Bursa Arsitektur kemudian ada juga lomba miniatur, lomba Sketsa dan lomba mewarnai,” Ujar Zulkarnain saat dikonfirmasi, Rabu (24/08/2022).

Baca Juga :   Korban Meninggal Laka Maut Bertambah, Seluruhnya Warga Flobamora Pekerja Tambang

Dikatakannya, Kegiatan PKA merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh program studi teknik Arsitektur. “Jadi sebumnya teknik Arsitektur telah melakukan 6 kegiatan PKA dibeberapa Kabupaten, yang terakhir kemarin tahun 2021 itu kami melakukan kegiatan PKA Ke-VI yang bertempat di Sofifi dan pada tahun ini panitia angkatan tahun 2019 melakukan kegiatan di Haltim tepatny di Desa Soagimalaha,” Tuturnya.

Kata dia, Dalam kegiatan ini juga kami menerima masyarakat yang meminta desain bangunan, dan itu kami suda menyiapkan median klinik Arsitektur.

“Klinik Arsitektur ini kita menerima konsultasi dari masyarakat untuk menawarkan desain rumah atau gedung secara gratis,” seraya menambahkan Untuk karya yang ditampilkan pada PKA Ke-VII sendir, karya dalam bentuk bangunan miniatur yakni diantaranya miniatur bangunan Adat, miniatur Bangunan Mesjid dan masih banyak lagi.

Sementara itu Sekertaris umum Program Studi Arsitektur Rio Dani Noho, mengatakan sasaran dari kegiatan PKA Ke-VII itu, terutama Masyarakat, Siswa-siswi dan Pemerintah Daerah Haltim tentunya.

Baca Juga :   Pendaftaran Siswa Baru Mahal, Mambor Putuskan Pemkab Wondama Tanggung Biaya Seragam

Kemudian kata Rio, ada satu kegiatan yang sangat menarik dari panitia yakni Saimbara Tugu. Dengan Kegiatan Saimbara Tugu tersebut, setelah paska kegiatan atapun hari penutupan maka Panitia akan memberikan dalam bentuk desain pada Pemerintah desa yang ada di Kecamatan Kota Maba.

“Desain itu, diberikan untuk candra mata dari mahasiswi Arsitektur setelah kegiatan PKA Ke-VII ini selesai,” Pungkasnya.
(Red/Ruslan)

Pos terkait