Pasangan Independen Mambor-Andi Menangi Pilkada Wondama, Kubu A2 Isyaratkan Maju ke MK

  • Whatsapp

WASIOR – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama nomor urut 4 Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Teluk Wondama tahun 2020.

Duet Mambor-Andi (HEMAT) meraih suara terbanyak dari masyarakat Teluk Wondama sekaligus menyisihkan tiga paslon lainnya.

Pasangan yang maju melalui jalur independen itu mendapatkan 5.583 suara dari total 120 TPS pada Pilkada 9 Desember lalu.

Pasangan HEMAT unggul 319 suara dari pesaing terdekatnya yaitu Pasangan Elysa Auri-Fery Auparay (A2) yang meraih 5.264 suara.
Pasangan nomor urut 3 Paulus Indubri-Kuro Matani (IDAMAN) berada di posisi ketiga dengan perolehan 4.191 suara dan Pasangan Bernadus Imburi-Zeth Marani (BERIMAN) menjadi juru kunci dengan raihan 3.862 suara.

Penetapan hasil perolehan suara Pilkada 2020 itu dilakukan rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten yang digelar KPU Teluk Wondama di aula SMPN Wasior, Rabu pagi hingga malam.

Baca Juga :   Wasior Krisis BBM, PNS Tidak Bisa Ngantor, Nelayan dan Tukang Ojek Libur

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Teluk Wondama Monika Elsy Sanoi dengan dihadiri oleh saksi dari ke-4 pasangan calon. Namun begitu saksi Pasangan A2 Robert Gayus Baibaba menolak menandatangani keputusan KPU Teluk Wondama tentang hasil penetapan perolehan suara tingkat kabupaten.

Kubu A2 memang dari awal telah mengisyaratkan akan mengugat hasil Pilkada 2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Secara keseluruhan Pasangan Mambor-Andi menguasai perolehan suara pada 6 distrik dari total 13 distrik di Kabupaten Teluk Wondama. Yakni distrik Windesi, Wamesa, Rumberpon, Rasiei, Roswar dan Nikiwar.

Sementara Pasangan A2 unggul di 5 wilayah distrik yakni Wasior, Teluk Duairi, Wondiboi, Naikere dan Roon. Dua distrik lainnya yakni Kuri Wamesa dan Soug Jaya dimenangi oleh dua pasangan lainnya yakni Bernadus Imburi-Zeth Marani (BERIMAN) dan Paulus Indubri-Kuro Matani (IDAMAN).

Baca Juga :   Sesalkan Pernyataan Jimmy Ijie, Pendamping Desa di Wondama Desak Politisi PDIP Itu Klarifikasi dan Minta Maaf

Ketua Relawan HEMAT Ridas Wambrauw mengklaim kemenangan Mambor-Andi menunjukkan bahwa masyarakat Wondama percaya sosok Mambor-Andi mampu membuat kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu akan lebih baik dan maju.

“Kami percaya hasil yang kami peroleh ini dalam Pilkada 2020 ini sekali lagi ini karena pertama, bapak dorang dua ini memang sudah dirindukan oleh masyarakat untuk memimpin kabupaten ini, “ucap Ridas.

Sebagai paslon independen alias nonpartai, lanjut Ridas, elemen penting yang menentukan kemenangan HEMAT adalah soliditas dan kerja sama tim relawan yang tetap terjaga sejak awal terbentuk hingga pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

“Jadi ini adalah bukan kemenangan tim, bukan kemenangan kandidat tapi kemenangan rakyat karena telah merupakan kerinduan dan harapan dari rakyat itu sendiri, “ucap Ridas. (Nday)

Pos terkait