Pakai Protokol Covid, Upacara HUT RI di Wasior Sederhana Namun Hikmat

  • Whatsapp

WASIOR – Upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Senin pagi berlangsung sederhana namun hikmat.

Upacara yang berlangsung di lapangan apel perkantoran Pemkab di Isei dimulai pukul 09.00 WIT dengan hanya melibatkan sedikit orang sebagai bagian dari penerapan protokol pencegahan virus corona atau Covid-19.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Bernadus Imburi dengan Komandan Upacara Letda Infantri Obet Marthen Koyari yang sehari-hari bertugas sebagai Danramil Koramil Persiapan Distrik Rasiei. Obet adalah perwira muda asal Serui, Papua yang merupakan lulusan Akmil tahun 2017

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pengibaran Sang Merah Putih dalam upacara HUT RI tahun ini hanya dilakukan oleh 3 orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Mereka adalah Melvin Yanbert Ayomi, Mika Tandi dan Bonefasius Ngamelubun. Ketiganya merupakan anggota Paskibra tahun 2019.

Kendati hanya bertiga, mereka sukses menjalankan tugas dengan baik. Sang Merah Putih dengan mulus mendarat di puncak tiang dan dengan gagah berkibar di tiang tertinggi.

Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan juga diisi dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Herman Sawasemariai diikuti pembacaan teks Pancasila oleh Bupati Imburi dan Pembukaan UUD 1945 oleh Sekretaris Caretaker DPD KNPI TeluK Wondama.

Dalam rangka penerapan protokol pencegahan Covid-19 peserta upacara juga dibatasi. Para PNS dari berbagai OPD juga hanya dijatah 10 orang termasuk dari unsur TNI/Polri yang hanya mengirimkan satu regu dimana seluruh peserta maupun tamu undangan diwajibkan menggunakan masker.

Panitia juga menyediakan pos pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap orang yang masuk ke lokasi upacara. Demikian pula tempat duduk untuk tamu undangan diatur berjarak agar tidak saling berdekatan.
Adapun pejabat teras yang ikut hadir antara lain Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Wakil Bupati Paulus Indubri, Sekda Denny Simbar, Wakil Pimpinan DPRD H.Arwin dan Selina Akwan serta para Asisten Sekda.

Ikut hadir Ketua Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat Maxi Ahoren. Juga hadir para pimpinan OPD, anggota DPRD, Kepala Distrik dan Kepala Kampung.
Kendati berlangsung dalam suasana penerapan protokol kesehatan, upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Kabupaten Teluk Wondama tetap berlangsung hikmat dan lancar.

Tak ada suguhan hiburan maupun atraksi meriah yang ditampilkan dalam HUT RI tahun ini. Satu-satunya hiburan yang ditampilkan adalah atraksi marching band dari siswa-siswi SMA Negeri 01 Wondama.
Demikian halnya di kota Wasior dan sekitarnya, tidak tampak ada kegiatan hiburan maupun lomba-lomba khas 17-an yang biasanya ramai digelar untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan. Pemkab sebelumnya telah mengimbau warga untuk meniadakan kegiatan hiburan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. (Nday)

Pos terkait