Mulai Berkantor di Rasiei, Pjs Bupati Wondama Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada

  • Whatsapp

WASIOR – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Teluk Wondama Abdullatief Suaeri, Selasa (29/9) mulai berkantor di Rasiei dan secara resmi memulai aktivitasnya sebagai kepala daerah menggantikan Bupati Bernadus Imburi yang nonaktif karena menjalani cuti kampanye Pilkada 2020.

Sueri dilantik menjadi Pjs Bupati Teluk Wondama oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada 26 September lalu.

Pria kelahiran Fakfak itu tiba di Wasior, Selasa pagi menggunakan pesawat. Dia didampingi Asisten III Setda Pemprov Papua Barat Raymond serta Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Eduard Nunaki.

Suaeri akan bertugas sebagai bupati sementara selama 73 hari sampai dengan berakhirnya masa kampanye Pilkada 2020. Selain tugas melekat kepala daerah yakni menjalankan fungsi pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan, salah satu tugas utama Pjs Bupati adalah memastikan Pilkada 2020 berjalan sukses.

“Saya sangat berharap dukungan dari semua pihak sehingga Pemilukada berjalan dengan baik. Karena yang maju ini semua keluarga jadi saya haqul yakin aman,”ucap Suaeri pada acara serah terima jabatan dari Sekda Denny Simbar kepada dirinya di Gedung Sasana Karya, kompleks kantor bupati di Isei, Selasa pagi.

Suaeri juga mengajak semua elemen masyarakat Wondama untuk terus berdoa memohon kepada Yang Kuasa agar Wondama mampu mengatasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Jadi tidak ada jalan lain selain kita berdoa. Kalau sudah berdoa ya kita harus ikthiar. Ikthiar itu ya pemerintah sudah bilang social distancing, phisycal distancing, jaga jarak, pakai masker, rajin mandi, makan makanan yang bergizi, menjaga imunisasi tubuh, itu saja yang bisa kita lakukan. Tetapi doa menjadi hal yang utama, “pesan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat itu.

Sementara itu Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melalui sambutan tertulis dibacakan Raymond Yap mengharapkan Pjs Bupati segera membangun komunikasi dan koordinasi yang sinergis dengan DPRD dan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.
Juga dengan KPU dan Bawaslu serta jajaran pemangku kepentingan lainnya di Wondama.

“Perlu saya ingatkan bahwa pejabat sementara bukanlah pejabat politik. Pejabat sementara adalah perpanjangan tangan pemerintah di daerah yang harus mampu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mewujudkan kehadiran pemerintah dan negara di tengah masyarakat, “ pesan Dominggus.

Bupati nonaktif Bernadus Imburi yang turut hadir dalam acara itu menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada Pjs Bupati.
“Kita berharap tidak ada halangan-halangan sehingga Pilkada dapat berjalan dengan baik, “ ujar Imburi. (Nday)

Pos terkait