Menghadapi Masa Pemilu, Peran Bhabinkamtibmas Akan Dimaksimalkan

Toraja Utara, Kabartimur.com- Dalam rangka menjamin ketertiban dan keamanan dilingkungan masyarakat, maka polres Toraja Utara akan kembali memaksimalkan tugas bhabinkamtibmas agar pemanfaatan Satkamling yang dulunya disebut poskamling untuk kembali digalakkan.

Ditemui di Mako Polres beberapa waktu lalu, kepala satuan Binmas Polres Toraja Utara Iptu T. Sirenden mengaku bahwa satuan keamanan lingkungan memiliki peranan yang sangat penting dalam hal terciptanya suasana lingkungan yang aman. Untuk itu, Sirenden mengklaim bahwa polres Torut selalu berupaya untuk mendorong keterlibatan warga dalam menjaga keamanan melalui kelompok satuan keamanan lingkungan ( Satkamling)

Bacaan Lainnya

” Apalagi kita akan menghadapi masa pemilihan, untuk meningkatkan jaminan keamanan di masing-masing lingkungan maka keterlibatan masyarakat secara langsung sangat kita butuhkan, sehingga untuk menjawab misi pak Kapolres tentang terciptanya keamanan menyeluruh maka bhabinkamtibmas akan berperan untuk mendorong efektivitas satkamling di wilayahnya, beberapa tempat sudah berjalan dengan baik tinggal kita maksimalkan” katanya.

Baca Juga :   Bawaslu ManokwariTekankan Kualitas Pengawasan Pada Pemilu 2024

Upaya polres dalam mendorong efektivitas satkamling melalui masing-masing bhabinkamtibmas ini dibenarkan oleh kepala Lembang Salu Sarre Andi Surya Jaya. Melalui sambungan teleponnya Andi menyampaikan bahwa aparat kepolisian melalui Bhabinkamtibmasnya cukup intens memantai dan memotivasi aktivitas yang dilakukan warga di pos keamanan.

Sesuai dengan informasi yang diterima media, bahwa upaya untuk memotivasi efektivitasnya satuan keamanan lingkungan tidak hanya dilakukan dengan cara pendekatan semata, melainkan juga dilakukan dengan memberikan penghargaan bagi satkamling yang dinilai cukup aktif.

” Jadi tidak hanya melalui diskusi, ternyata polres juga secara diam-diam melakukan penilaian terhadap aktivitas di satuan keamanan lingkungan, dan kebetulan kemarin kita mendapatkan kategori terbaik ke-dua, tentunya bahwa ini akan menjadi penyemangat bagi kami di Lembang untuk terus tergerak mengaktifkan satuan keamanan lingkungan kita” Tambah Kepala Lembang.(Red/*)

Pos terkait