Melayani Pasien Positif Corona Ruang Bersalin RSUD Manokwari Ditutup Selama 14 Hari

  • Whatsapp

MANOKWARI — Sehubungan dengan  RSUD Manokwari telah melayani pasien Positif Virus Corona Covid-19, Pemerintah daerah telah melakukan karantina secara bertahap di setiap  ruangan rawat inap dimulai  dari petugas ruangan bersalin dan perinatologi serta melakukan penyemprotan ruangan.

Hal tersebut diperkuat dengan surat Pemberitahuan nomor 800/377/blud-rsu/2020  Pemda Manokwari yang ditandatangani oleh  Plt. Direktur RSU Manokwari dr. Maria UM Warwe,Sp.A tertanggal 6 Mei 2020.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa   pihak RSUD Manokwari memberitahukan kepada seluruh masyrakat kabupaten  Manokwari dan kepala-kepala Puskesmas  dengan beberapa hal yakni untuk sementara waktu selama 14 hari terhitung dari tanggal 10 sd 24 Mei 2020 pelayanan ruangan bersalin  dan perinatologi di tutup, Pasien  kebidanan dan kandungan serta bayi dapat dirujuk untuk berobat ke rumah sakit angkatan laut, rumah sakit angkatan darat dan rumah sakit Bhayangkara, pelayanan poliklinik, IGD dan ruangan rawat inap lainnya tetap berjalan sebagaimana mestinya, khusus  pasien bayi gawat darurat  dapat dilayani  di ruangan gardenia anak, pihak RSUD Manokwari memohon maaf dengan ditutupnya  pelayanan yang dimaksud.

Sementara itu ketua satgas kabupaten Manokwari, yang juga plh Bupati Manokwari Drs Edi Budoyo menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu pasien yang dinyatakan positif corona berdasarkan hasil Swab yang dirawat di RSUD dan tidak berterus terang jika pasien tersebut telah melakukan perjalanan dari daerah zona merah dan ditangani oleh suster-suster di RSUD dan dan saat ini pihak RSUD sedang melakukan karantina kepada petugas medis  dan ruang bersalin sedang dilakukan penyemprotan untuk disterilkan sedangkan untuk pelayanan lainnya kata Budoyo tetap berjalan  dengan tetap menjaga sosial distancing, menjaga kebersihan  menggunakan masker dan tetap mengekuti protokol kesehatan.

Disamping itu Budoyo menyebutkan saat ini sejumlah 23 orang di RSUD Manokwari dinyatakan positif Rapit tes dan sedang diisolasi dan menjalani karantina Mandiri.(*/Day)

Pos terkait