Makassar Kota Pertama Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

  • Whatsapp

Kota Makassar siap menjadi kota pertama pembangunan PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah). Kota Makassar bersama Kota Tangerang menjadi dua kota prioritas pembangunan PLTSa dari tujuh kota yang masuk dalam skema nasional.

Alhamdulillah, Kota Makassar telah membebaskan 2,5 hektar lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan PLTSa dari 10 hektar kebutuhan lahan. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sendiri luasnya 16 hektar.

Sejak menggulirkan wacana pembangunan PLTSa pada akhir tahun lalu, hingga kini telah ada 58 investor dari berbagai negara, diantaranya Amerika Serikat, Jerman, Korea, Polandia, dan China telah mempresentasikan proposalnya.

Pada bulan Oktober 2016 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan segera menggelar tender investasi bagi pembangunan PLTSa, mengingat teknologi yang ditawarkan setiap investor berbeda-beda. Kemudian, bulan Desember 2016 nanti ditargetkan sudah ada pemenang tender yang dapat segera melakukan survey lokasi.

Sekali lagi, Alhamdulillah masyarakat merespon baik rencana pembangunan PLTSa. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai bentuk dukungan masyarakat terhadap sosialisasi yang dilakukan Pemkot Makassar terkait rencana ini.

Pos terkait