Luwu Utara Butuh Lompatan Tiga Tingkatan Raih Kabupaten Layak Anak

LUWU UTARA, Kabartimur.com – Luwu Utara tetap menaruh perhatian atas upaya meraih predikat Kabupaten Layak Anak. Beberapa upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam mewujudkan hal tersebut, termasuk menggandeng berbagai elemen masyarakat.

Atas upaya tersebut, Kabupaten berjuluk Bumi Lamaranginang ini telah meraih beberapa kali penghargaan, di antaranya penghargaan kategori Madya dalam penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Bacaan Lainnya

Kategori Madya merupakan kategori keempat dari lima kategori penghargaan KLA. Kategori pertama adalah KLA, kedua Utama, ketiga Nindya, keempat Madya, dan kelima Pratama.

Kendati demikian, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengingatkan, Luwu Utara belum menjadi Kabupaten dengan predikat Layak Anak.
” Luwu Utara belum menjadi Kabupaten Layak Anak, meski kita telah mendapatkan beberapa kali apresiasi,” ujar Indah mengingatkan.

Baca Juga :   'Gebrak Masker' HUT RI ke-76, Mambor-Andika Blusukan ke Pasar Bagikan Ratusan Masker

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan itu menyebut, Luwu Utara harus melakukan lompatan tiga tingkatan untuk dapat mencapai predikat tertinggi sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Tentu ini bukan perkara mudah, mengingat masih banyak hal yang mesti dibenahi,” ungkap Indah dihadapan peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Pemerintah Daerah dan Gugus Tugas Konvensi Hak Anak (KHA) dan KLA, di Hotel Elegant Masamba, Selasa (29/11/2022).
 
Untuk melakukan loncatan itu, menurut Bupati 2 Periode ini, di antaranya harus melakukan identifikasi atas berbagai permasalahan yang timbul, serta berupaya merumuskan solusi atas permasalahan tersebut.

Pihaknya optimis, Luwu Utara akan meraih predikat Kabupaten Layak Anak, jika semua pihak saling bahu-membahu, berkolaborasi dan bersinergi dalam memenuhi seluruh komponen penilaian Kabupaten Layak Anak. (Red/Yustus)

Pos terkait