Lulus 100 Persen, Siswa SMPN Wasior Didorong Ikut Program ADEM

  • Whatsapp

WASIOR – Seluruh siswa SMPN Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat yang mengikuti ujian nasional tahun 2019 sebanyak 160 orang dinyatakan lulus.

Tingkat kelulusan yang mencapai 100 persen merupakan capaian tertinggi dalam 3 tahun terakhir setelah pada 2018 dan 2017 SMPN Wasior mencatatkan tingkat kelulusan 98 persen.

Pengumuman kelulusan dilakukan dalam rapat terbuka yang dihadiri para siswa kelas 9, orang tua dan dewan guru di aula SMPN Wasior, Selasa (28/5). Rapat terbuka dipimpin oleh Kepala SMPN Wasior Yustinus Rumabur.

“Yang ikut ujian nasional sebanyak 160 dan semuanya dinyatakan lulus 100 persen, “ kata Rumabur.

Dia berharap semua siswa yang telah lulus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya sehingga kelak bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.

“Terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya sekolah di SMPN Wasior. Harapan kami semoga semua anak-anak ini bisa berhasil dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, “ ucap Rumabur.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Hanok Mariai dalam kesempatan itu mengimbau para siswa yang telah lulus terutama yang merupakan putra-puteri asli Teluk Wondama agar memanfaatkan program ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah).

ADEM adalah program afirmasi yang disiapkan khusus bagi putera-puteri asli Papua untuk melanjutkan studi ke jenjang SMA/SMK di luar Papua yang berstatus sekolah unggulan.

Adapun anggaran untuk program ADEM bersumber dari dana otonomi khusus Papua dan Papua Barat.

“Ada program afirmasi ADEM dan ADIK (untuk perguruan tinggi), silahkan dipakai terutama untuk anak-anak (asli) Wondama. Ada 9 miliar disiapkan untuk anak-anak Wondama sekolah di luar. Tetapi sayang sekali sampai sejauh ini yang daftar dari anak Wondama sangat sedikit, “ kata Mariai. (Nday)

Pos terkait