Lawan Covid-19, Kampung Maniwak di Wondama Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah Kampung/desa Maniwak Distrik Wasior melalui relawan Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan ke kompleks perumahan, Rabu. Penyemprotan dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Hendrik Tetelepta yang juga didampingi Kepala Distrik Wasior Antonius Alex Marani.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas Kepala Kampung Maniwak Alexander Burdam menuturkan, selain penyemprotan disinfektan pihaknya juga membagikan masker kain secara gratis kepada masyarakat. Semua kegiatan itu dibiayai dengan dana desa tahun 2020.

“Kami sudah ada Relawan Covid 19 dibentuk oleh kampung sesuai anjuran dari pemerintah daerah melalui dinas terkait dan dari pemerintah pusat. Hari ini kami mulai dengan penyemprotan disinfektan dengan memakai dana desa, “ ujar Burdam.

Anggota Relawan Covid-19 Kampung Maniwak Irnayati Elungan menambahkan, sejak dibentuk pihaknya telah mempersiapkan agenda kegiatan untuk mendukung upaya pencegahan Covid-19 yang telah dilaksanakan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat kabupaten.

“Salah satunya adalah penyemprotan yang akan kami laksanakan ke semua rumah di Maniwak. Kemudian ada pembagian sembako dari partisipan di kampung Maniwak dan pembagian masker. Juga selebaran-selebaran untuk mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat kemudian stay at home untuk memutus rantai virus covid. Jadi kita punya moto adalah Stop Covid, “ jelas Irnayati.

Sebelumnya Kepala Dinas PMK Hendrik Tetelepta pada saat pembukaan mengapresiasi inisiatif kampung Maniwak yang telah membentuk relawan Covid-19 dan langsung melakukan kerja nyata dengan penyemprotan disinfektan serta pembagian masker.

“Relawan Covid-19 itu memang diwajibkan oleh Kementerian Desa untuk dibentuk di setiap kampung. Kami apresiasi sekali kepada Kampung Maniwak sudah mulai melakukan dan ini yang pertama untuk tingkat kampung, “ ujar Tetelepta.

Dia berharap relawan Covid-19 Kampung Maniwak terus berperan aktif membantu memutus penyebaran virus corona melalui berbagai kegiatan yang dipandang perlu.

“Relawan Covid-19 juga perlu melakukan pendataan orang yang masuk dan keluar di kampung Maniwak ini karena ini kampung yang paling besar dan paling banyak penduduknya di Wondama. Catat nama orang-orang yang baru datang, mereka dari mana saja kemudian laporkan ke dinas kesehatan untuk ditindak lanjuti, “ pesan Tetelepta. (Nday)

Pos terkait