KNPI Mansel Akan Memastikan Keaktifan Karang Taruna Tingkat Kampung

  • Whatsapp

MANSEL- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Manokwari Selatan akan mendorong pembentukan Karang Taruna di semua kampung yang ada di daerah tersebut.

Ketua KNPI Mansel, Joni Saiba saat dikonfirmasi, Rabu (11/9) mengatakan bahwa tahap pertama yang akan mereka lakukan untuk mendorong eksistensi Karang Taruna adalah memberikan bimbingan terhadap semua Karang Taruna tingkat kampung dalam rangka penataan administrasi organisasi Karang Taruna.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan diawal mengingat keberadaan Karang Taruna di tingkat kampung tidak lebih dari sebuah misteri, setiap aparat kampung pada umumnya mengklaim bahwa di kampung mereka sudah ada Karang Taruna, namun secara administrasi tidak ada.

“Tidak hanya itu, keberadaan karang taruna juga sama sekali belum nampak, dan kondisi ini terjadi hampir di semua kampung. Kita hanya biasa mendengar dari aparat kampung bahwa di kampung mereka ada Karang Taruna, namun kegiatan pembinaan, dan keterlibatan organisasi ini dalam mendorong pembangunan kampung belum terlihat,” kata Jhoni

Menurut Jhoni, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kondisi tersebut, termasuk salah satunya adalah kelemahan aparat kampung untuk membimbing generasi mudahnya untuk bersekutu di dalam organisasi ini, adapun yang sudah terbentuk namun seakan dibatasi oleh aparat dalam mengontrol pembangunan di kampung mereka.

“Dan kita juga tidak bisa memungkiri bahwa di sisi lain juga ada faktor bahwa para pemuda yang ada di kampung belum terlalu peduli dengan organisasi Karang Taruna ini,” tambahnya.

Oleh sebab itu, kegiatan pembinaan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 30 September mendatang akan membicarakan faktor-faktor penghambat tersebut. Panitia yang sudah dibentuk pada Bulan Agustus lalu akan berencana mengundang OPD teknis terkait, diantaranya Kabag Pemerintahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Lampung, Dinas Sosial, serta salah satu pemateri dari luar yakni mantan ketua Karang Taruna Borarsi Manokwari.

Jhoni berharap setelah kegiatan ini semua Karang Taruna tingkat kampung terdaftar di Kesbangpol, terdaftar di Dinas Sosial.

Selain itu semua pihak termasuk aparat kampung dan juga para pemuda di masing-masing kampung untuk komitmen untuk bekerja sama mendorong pembangunan mulai dari kampung masing-masing demi kemajuan kabupaten Manokwari Selatan. (bl)

Pos terkait