Kejar Herd Immunity, Wondama Gencarkan Serbuan Vaksinasi Kampung ke Kampung

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama terus mengencarkan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Bersama dengan aparat TNI/Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN), dalam beberapa waktu terakhir digelar serbuan vaksinasi dari kampung ke kampung.

Tim vaksinasi turun langsung ke kampung dan dusun untuk mengajak warga melakukan vaksinasi demi mengejar tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity.

Seperti yang terpantau pada Rabu (24/11), digelar vaksinasi massal di pelataran gedung Gereja GKI Jemaat Maranatha Iriati. Serbuan vaksinasi itu menyasar warga di Kampung Iriati juga kampung sekitar.

Dalam vaksinasi itu panitia menyiapkan 100 dosis vaksin sinovac untuk disuntikkan kepada masyarakat. Panitia juga menyiapkan paket sembako bagi varga yang menjalani vaksinasi.

 

Kegiatan vaksinasi itu ditinjau langsung oleh Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Kepala Dinas Kesehatan dr Habel Pandelaki dan Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani.

Meskipun tidak semua dosis vaksin yang disediakan terpakai namun animo warga untuk menjalani vaksinasi diklaim semakin meningkat dibandingkan sebelumnya.

Bahkan untuk Distrik Wasior sendiri terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam seminggu terakhir ini.

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani mengatakan pihaknya bersama aparat TNI/Polri dan Dinas Kesehatan dalam satu minggu terakhir ini terus turun lapangan untuk melakukan sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi sekaligus melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di berbagai tempat.

“Kami terus mengajak masyarakat di distrik Wasior, mari kita sama-sama datang untuk vaksin karena vaksin itu halal, aman dan baik untuk menambah kekuatan imun kita. Apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru ini mari kita sama-sama menjaga imun tubuh kita dengan melaksanakan vaksinasi, “ujar Alex.

Melihat tren animo masyarakat yang terus meningkat, Alex optimistis cakupan vaksinasi di wilayah Distrik Wasior yang meliputi 9 kampung dan 1 kelurahan akan bisa mencapai minimal 40 persen untuk dosis lengkap pada akhir November nanti.

 

Pasalnya beberapa kampung cakupannya sejauh ini sudah mencapai 90 persen. Alex juga menyebut semua kepala kampung termasuk lurah di wilayah Distrik Wasior telah menerima suntikan vaksin Covid-19.

“Saya melihat animo dan semangat dari masyarakat untuk datang vaksin itu sudah semakin bagus dalam minggu-minggu ini. Untuk 9 kampung yang animo tinggi dan sudah mencapai 90 persen atau hampir semua warga sudah 100 persen itu kampung Dotir dan Maimari.

Yang paling banyak penduduk di Maniwak dan Iriati itu memang yang sebagian belum. Makanya kami terus menggecarkan vaksinasi dari kampung ke kampung, “ucap Alex.

Adapun secara umum cakupan vaksinasi Covid-19 di Wondama sejauh ini relatif masih rendah karena belum mencapai 40 persen untuk dosis lengkap. Pemkab Wondama sendiri menargetkan cakupan vaksinasi bisa mencapai 50 persen pada awal Desember 2021. (Nday)

Pos terkait