Kampanye Sadar Lingkungan, Dinas LH Wondama Gelar Lomba Pungut Sampah Plastik Sambut HUT RI

  • Whatsapp

WASIOR – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat memanfaatkan momentum HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 untuk mengkampanyekan lingkungan bersih tanpa sampah plastik.

Kampanye peduli lingkungan tersebut dikemas dalam bentuk lomba pungut sampah plastik. Pesertanya adalah satu keluarga terdiri atas ayah, ibu dan seorang anak. Sebagai lokasi lomba dipilih kawasan pesisir pantai di seputaran Pelabuhan Kuri Pasai Wasior yang memang dikenal penuh dengan aneka sampah.

Dinas LH menggandeng Pemerintah Distrik Wasior serta Koramil Wasior untuk menyukseskan kegiatan yang dijadwalkan berlangsung pada 13 Agustus mendatang.

“Tujuannya selain agar kawasan pesisir pantai kita bisa bersih dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan tetapi sekaligus kita ada edukasi di situ. Kita imbau masyarakat untuk tidak buang sampah lagi ke laut, tidak buang sampah lagi ke sungai, “ ujar Kepala Dinas LH Simson Samberi usai rapat di aula kantor distrik Wasior, Selasa (6/8).

Baca Juga :   Air Meluap Di Taman Kota Wasior, Warga Panik dan Takut

Menurut pria yang akrab disapa Soni ini, pihaknya sengaja membuat peserta lomba adalah satu keluarga agar sampah plastik yang kini menjadi ancaman nyata bagi kehidupan masyarakat dunia juga menjadi perhatian utama masyarakat Wondama dimulai dari keluarga.

“Kita ingin tumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik ini dimulai dari keluarga. Kalau di rumah, ayah dan ibu sudah membiasakan buang sampah pada tempatnya pasti anak-anak akan ikut, itu harapan kita agar membuang sampah pada tempatnya itu jadi budaya di setiap keluarga, “ jelas mantan Sekretaris Dinas Kehutanan ini.

Untuk merangsang masyarakat, panitia menyediakan beragam hadiah menarik berupa uang tunai maupun barang.
“Yang juara I yang dapat kumpulkan sampah paling banyak akan dapat uang 6 juta. Jadi masyarakat membersihkan pantai yang kotor dari sampah tetapi ada nilai (ekonomi) yang mereka dapat, “ lanjut Soni.

Baca Juga :   Cegah COVID-19, Tim Gabungan Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kota Wasior

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani menyatakan pihaknya siap mendukung kegiatan lomba pungut sampah plastik yang digagas Dinas LH.

“Kita sangat mendukung karena kebersihan lingkungan itu sangat positif bagi siapa saja. Apalagi ini dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan kita jadi kita ingin Wasior ini terlihat bersih dan indah pada saat Hari Kemerdekaan nanti, “ ujar Alex dalam pertemuan yang dihadiri para kepala kampung serta Babinsa. (Nday)

 

Pos terkait