“Jumpa Berlian”, Komitmen Menuju Wondama Bebas Sampah dan Wondama Hijau

  • Whatsapp

WASIOR – Ratusan warga Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat ikut ambil bagian dalam kegiatan Jumpa Berlian alias Jumat pagi bersih lingkungan di kota Wasior, Jumat. Aksi itu dimulai dari jalan pertigaan menuju SMAN 01 Wondama menuju taman kota Masasoya Topai Wasior.

Warga yang terdiri atas para pelajar, PNS, pejabat juga masyarakat umum melakukan jalan santai bersama sembari memungut sampah yang ditemukan di sepanjang jalan yang dilewati. Kegiatan tersebut digagas Dinas Lingkungan Hidup untuk menandai dimulainya kampanye mewujudkan Wondama Bebas Sampah dan Wondama Hijau.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Teluk Wondama Simson Samberi menuturkann, aksi Jumpa Berlian dilaksanakan untuk memotivasi semua pihak untuk ikut terlibat mewujudkan Wondama yang bersih, indah dan elok dengan mulai membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Hari ini kita buat pernyataan kita peduli sampah. Kita ingin Wondama ini tetap bersih. Tidak boleh sampah lagi ke laut, tidak buang sampah ke sungai, tidak buang sampah lagi ke mana-mana tempat tapi kita taruh di tempat yang sudah disiapkan, “ ucap Soni demikian panggilan akrabnya saat memberikan sambutan.

Dalam rangka mewujudkan Wondama Bebas Sampah dan Wondama Hijau, lanjut Soni, pihaknya akan menempatkan tempat pembuangan sampah (TPS) di sejumlah titik di sepanjang utama kota Wasior hingga kompleks perkantoran Pemda di Rasiei.

Juga akan ditanam ribuan anakan pohon di berbagai lokasi termasuk di pinggiran jalan poros, ruang terbuka milik Pemda juga di halaman fasilitas umum termasuk di kompleks perkantoran Pemda.
Bupati Bernadus Imburi juga menyerukan agar semua pihak mendukung upaya mewujudkan Wondama Bersih dan Wondama Hijau. Antara lain dengan terus menggalakkan kegiatan Jumpa Berlian.

“Kalau kegiatan Jumpa Berlian ini dilaksanakan terus menerus maka kita akan bisa wujudkan Wondama Elok dari Wondama EMAS (Elok Maju Aman Sejahtera) yang kita cita-citakan itu, “ ujar Imburi.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung Wondama Hijau dan Wondama Bersih. Juga dilakukan penanaman pohon di kawasan taman MTW sebagai simbolisasi menuju Wondama Hijau. (Nday)

Pos terkait