Jaga dan Lestarikan Alam Pegunungan Wondiboi untuk Kesejahteraan Wondama

  • Whatsapp

WASIOR – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengajak masyarakat Kabupaten Teluk Wondama terus menjaga kelestarian hutan dan lingkungan di kawasan Pegunungan Wondiboi.

Pegunungan Wondiboi sendiri berstatus sebagai cagar alam dengan biogeografis yang unik karena berada di tengah di antara gunung-gunung di daerah Kepala Burung dan Pegunungan Tengah Pulau Papua.

Luas kawasan lindung ini adalah 73.022 hektar yang membentang dari bagian utara Teluk Wondama hingga ke Selatan. Arealnya mencakup 4 distrik yakni Distrik Teluk Duairi, Wasior, Wondiboi dan Rasiei.

Letaknya yang berada persis di belakang kawasan pemukiman kota Wasior dan sekitarnya menjadikan Pegunungan Wondiboi laksana raksasa yang setia menjaga Teluk Wondama. Namun demikian, jika kawasan tersebut terganggu, dia bisa berbalik menjadi sumber malapetaka bagi masyarakat Wondama.

“Dari pesawat tadi saya lihat ke belakang, gunung (Pegungunan Wondiboi) ini masih hijau luar biasa, laut juga biru. Pembangunan di kabupaten ini bersandar pada gunung di belakang ini.

Baca Juga :   Warga Distrik Roswar Tagih Janji Pembangunan Dermaga Beton

Untuk itu mari saya ajak kita semua, kita jaga alam, alam jaga kita. Kita jaga hutan, hutan jaga kita, kita birukan langit, kita hijaukan bumi. Kita tinggalkan mata air untuk anak cucu kita, jangan kita tinggalkan air mata untuk mereka, “pesan Dominggus sewaktu menutup Forum Daerah Khusus (Fordasus) dan Pameran Otonomi Khusus Provinsi Papua Barat di Wasior, Selasa.

Lebih lanjut, Gubernur kedua Papua Barat ini juga mengingatkan semua pihak termasuk para kepala daerah memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia pada masing-masing wilayah secara bijaksana. Penataan dan pemanfaatan ruang juga harus diatur dengan baik sehingga tidak berdampak pada kerusakan lingkungan.

“Mana yang kita gunakan untuk membangun pemukiman, mana yang kita pakai infrastruktur mana untuk berkebun atau menanam tapi juga mana yang harus kita tetap kita jaga dan lestarikan supaya tetap hijau supaya tidak menimbulkan bencana bagi kita semua, “ pesan orang nomor satu Papua Barat ini.

Baca Juga :   Bupati Imburi Kukuhkan 45 Anggota Paskibra Teluk Wondama

Untuk diketahui, sesuai data dari Indonesian Forest, berdasarkan indentifikasi sementara yang telah dilakukan, Cagar Alam Pegunungan Wondiboi menyimpan 169 jenis burung, 55 diantaranya terbatas hanya pada elevasi di atas 1000 meter.

Beberapa diantaranya merupakan burung endemik seperti Astrapia nigra, Parotia sefilata, Amblyornis inornatus, Melipotes gymnops dan Rallicula leucopsila. Terdapat pula 3 jenis kanguru pohon, satu jenis walabi hutan, kuskus ekor kait dan 3 jenis tikus berkantung. (Nday)

Pos terkait