HUT ke-16 Teluk Wondama, Bupati Imburi Banggakan Capaian IPM dan Angka Kemiskinan

  • Whatsapp

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat genap berusia 16 tahun pada 12 April 2019. HUT ke-16 dirayakan dengan menggelar upacara bendera di lapangan apel perkantoran Pemda di Isei, Jumat pagi.

Dalam pidatonya, Bupati Bernadus Imburi menyampaikan sejumlah capaian positif dalam 3 tahun masa kepemimpinan dirinya bersama Wakil Bupati Paulus Indubri. Pertama meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Di mana 2015, IPM Wondama sebesar 56,64 kemudian naik menjadi 57,16 pada 2016 dan naik lagi menjadi 58,10 atau bertumbuh sebesar 1,64 persen.
Kenaikan IPM ini, menurut Imburi, menunjukkan telah terjadi perkembangan yang cukup signifikan dalam hal pembangunan manusia dalam 3 tahun terakhir.

“Meskipun angka IPM 58,10 masih kategori rendah tapi kita semua optimis pada 2020 angka IPM Teluk Wondama akan mencapai angka di atas 60,00 atau naik dari kategori rendah ke kategori sedang, “ ujar bupati.

Kedua, berkurangnya jumlah penduduk miskin. Imburi menyebut, persentase penduduk miskin di Kabupaten Teluk Wondama pada 2015 sebesar 37,44 persen namun pada 2018 menjadi 33,32 persen pada 2018. Yang berarti menurun sebesar 4,12 persen.

Dia menegaskan, Pemkab Wondama akan terus berupaya meningkatkan IPM dan menurunkan angka kemiskinan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan. Juga peningkatan pendapatan dan taraf hidup masyarakat melalui sektor pariwisata, kelautan dan perikanan serta sektor unggulan lainnya.

“(Mengatasi) Keterbatasan infrastruktur dasar terus kita lakukan percepatan pembangunan dan permasalahan sosial seperti minuman keras dan penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, tingginya angka perceraian, konflik sosial dan lain-lain juga menjadi masalah mendesak yang harus kita cegah dan tanggulangi, “ imbuh orang nomor satu Wondama ini.

Upacara peringatan HUT Teluk Wondama ke-16 dihadiri oleh Wakil Bupati Paulus Indubri, Kapolres AKBP Murwoto, Wakil Ketua DPRD H.Arwin serta sejumlah pimpinan OPD dan lembaga vertikal. Ikut hadir mantan Wakil Bupati Teluk Wondama periode 2005/2010 Marice Kayukatui. (Nday)

Pos terkait