Gustu Covid-19 Wondama Sudah Salurkan 30 Ribu Masker Kain ke Masyarakat

  • Whatsapp

WASIOR – Gugus Tugas (Gustu) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama mengklaim telah menyalurkan 30 ribu lembar masker kain yang dipesan khusus untuk masyarakat.

Kepala Pusdalops Gustu Covid-19 Yance Pesurnai mengatakan pihaknya telah menyerahkan masker kain kepada 13 kepala distrik di Wondama untuk selanjutnya dibagikan ke masyarakat melalui pemerintah kampung masing-masing.

“Dari Pemda Teluk Wondama melalui Gustu kita sudah membuat masker kain sebanyak 30 ribu lembar dan itu untuk melengkapi kekurangan yang sudah diadakan oleh pemerintah kampung melalui dana desa, “ kata Yance di sela-selaa penyerahan masker kain kepada 4 distrik di wilayah selatan Wondama di aula kantor distrik Wondiboi, Jumat.

Dalam kesempatan itu Bupati Bernadus Imburi selaku Ketua Gustu Covid-19 menyerahkan masker kain untuk masyarakat di Distrik Wondiboi, Rasiei, Kuri Wamesa dan Naikere yang diterima langsung para kepala distrik masing-masing.

Perinciannya Distrik Wondiboi menerima 1.100 lembar, Distrik Rasiei 2.500 lembar, Distrik Kuri Wamesa 1.000 lembar dan Distrik Naikere 400 lembar.
Bupati mengharapkan para kepala distrik segera mendistribusikan masker tersebut kepada masyarakat agar bisa dipakai sebagai pelindung diri guna menangkal penularan virus corona.

“Kepala distrik saya minta masker ini cepat dibagikan kepada masyarakat. Kasih tahu rakyat kita kasih masker ini bukan berarti pemerintah tidak larang keluar rumah, masyarakat tetap bisa ke kebun, pergi memancing bisa tapi tetap ikuti protokol kesehatan, “ ujar Imburi.

Adapun untuk 9 distrik lainnya, menurut Yance, penyerahannya telah dilakukan beberapa waktu lalu bersamaan dengan penyaluran bantuan sosial kepada warga terdampak Covid-19 dengan menggunakan KM. Margareth.

Sebagian dari masker pesanan Gustu Covid-19 juga telah disalurkan kepada Puskesmas dan RSUD untuk dibagikan kepada pasien maupun masyarakat yang berobat ke fasilitas kesehatan tersebut.
“Kami berharap masyarakat dapat menggunakan masker yang telah dibagikan ini dalam rangka pencegahan dan sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama, “ ujar Sekretaris BPBD Teluk Wondama itu.

Untuk diketahui, Pemkab Wondama telah mengalokasikan anggaran sebesar 360 juta yang dikelola Gustu Covid-19 untuk pengadaan masker kain bagi masyarakat umum. (Nday)

Pos terkait