Dipadu dengan Upacara Militer, Mayjen Ali Hamdan Bogra Disambut Atribut Adat Suku Arfak

  • Whatsapp

MANOKWARI- Panglima Komando Daerah Militer Kodam XVIII Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra Diterima di kesatuan pasca di kukuhkan sebagai pengganti Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau di Jakarta beberapa waktu lalu

Dia disambut dengan pemasangan topi adat dan penyerahan panah tradisional oleh tokoh adat suku Arfak Obeth Ayokh mengawali tradisi penyambutan Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari yang baru, dilanjutkan arak-arakan Pangdam dengan iringan lagu “Selamat Datang”.

kemudian Pangdam menerima laporan pos jaga dan hormat jajar personel dinas jaga kesatrian serta pedang pora para Perwira Pertama dan penciuman Pataka Kodam XVIII/Kasuari Patriot Pembela Rakyat, mewarnai suasana tradisi penyambutan terhadap putra Kaimana, Papua Barat.

Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra S.I.P., M.Si dan ibu Retno Ali Hamdan Bogra sebagai Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Pengurus Daerah (PD) XVIII/Kasuari yang baru, Jumat (15/5/2020) kemarin di Markas Komando (Mako) Kodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Baca Juga :   Ikut Anjuran Pemerintah, Pelni Cabang Manokwari Berhentikan Sementara Pelayanan 6 Armada

Usai penciuman Pataka Kodam XVIII/Kasuari, Pangdam dan ibu Ketua Persit KCK yang baru menerima ucapan “Selamat Datang” dari Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein.

”Saya, atas nama segenap warga Kodam XVIII/Kasuari menyambut kedatangan Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si., sebagai Pangdam XVIII/Kasuari beserta ibu Retno Ali Hamdan Bogra di Markas Kodam XVIII/Kasuari. Tugas dan pengabdian sudah membentang di hadapan Jenderal,” kata Kasdam Brigjen TNI Fery Zein.

Dalam rilisnya, Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. Sabtu 16 Mei 2O2O mengatakan, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra S.I.P., M.Si dan ibu Retno Ali Hamdan Bogra telah melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) menggantikan Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan ibu Istriyani Wayangkau sebagai Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari di Markas Besar TNI AD (Mabesad) Senin (11/5/2020) dan dilantik secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca Juga :   M1R S-S Manokwari Raya Gelar Aksi 1000 Lilin dan Doa Bersama Bagi Korban Gempa Maluku

“Untuk diketahui, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra S.I.P., M. Si merupakan putra asli Papua dari Kaimana yang lahir di Serui, 6 Januari 1963. Beliau lulusan Akademi Militer 1987 dan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) 2015,” kata Kapendam.

“Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra adalah salah satu putra terbaik Papua di jajaran Angkatan Darat. Sebelum mendapat kepercayaan sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, beliau menjabat sebagai Wakil Komandan (Wadan) Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, sejak 14 Agustus 2019,” sambungnya.

Usai tradisi penyambutan Pangdam baru, dilanjutkan dengan tradisi penyambutan dua orang Perwira Tinggi (Pati) yang baru di lingkungan Kodam oleh Pangdam XVIII/Kasuari. Kedua orang tersebut adalah Brigjen TNI Steverly Christmas Parengkuan sebagai pejabat Inspektur Kodam (Irdam) XVIII/Kasuari dan Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H sebagai Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Pangdam XVIII/Kasuari.

Baca Juga :   Tuntut Hak dan Keadilan PT. Freeport , Rakyat Papua akan turun Jalan

Acara tradisi ditutup dengan doa penyambutan Panglima dan Pati Kodam XVIII/Kasuari yang baru, dimana seluruh rangkaian tradisi itu berlangsung secara sederhana dan khidmat, serta semua personel menerapkan _physical distancing_ dan menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selesai tradisi, dilaksanakan _entry briefing_ Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra S.I.P., M.Si. yang diikuti Kasdam, Danrem 181/PVT, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, Danrindam, LO AL dan LO AU, para Asisten dan Kabalakdam, serta para Dandim, Danyon dan Danden jajaran Kodam XVIII/Kasuari.(AD)

Pos terkait