Deputi Litbang BKKBN Tinjau Pameran Menu Pangan Lokal Cegah Stunting di Luwu Utara

LUWU UTARA, Kabartimur.com – Deputi Litbang Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) RI, Prof. drh. Muhammad Rizal M. Damanik, M. Repsc., Ph. D bersama rombongan meninjau Pameran Menu Pangan Lokal dalam Upaya Pencegahan Kasus Stunting di Lapangan Upacara Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Jumat (9/12/2022) kemarin.

Kegiatan ini menjadi rangkaian dari Kunjungan Kerja Deputi Litbang BKKBN di Luwu Utara.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Muhammad Rizal M. Damanik mengapresiasi kreasi menu makanan dari Ibu-ibu Dharma Wanita Kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara yang dipamerkan selama sehari tersebut.

” Menu ini sehat, ini dapat membantu dalam pencegahan Stunting, apalagi bahannya tersedia di daerah ini,” pujinya.

Pihaknya menganjurkan menu yang dipamerkan dan dilombakan dalam ajang tersebut dapat dijajakan di kantin sekolah.
Ini dapat dijual di kantin-kantin sekolah. Dari pada kantin menjajakan makanan tidak sehat, mengandung bahan tekstil yang berbahaya bagi kesehatan, menu yang dipamerkan ini lebih sehat, dapat ditawarkan ke kantin sekolah.” saran Deputi Litbang BKKBN.

Baca Juga :   Masa Reses DPD-RI, Sanusi Rahaningmas Bertemu Wakil Bupati Manokwari

Pameran Menu Cegah Stunting yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Luwu Utara ini, diikuti oleh Ibu-Ibu Dharma Wanita dari beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Luwu Utara.

Beberapa Ibu Dharma Wanita antusias mengikuti ajang ini, dan menjadi motivasi tersendiri dalam berkreasi menciptakan menu makanan yang dapat diberikan kepada sasaran program pencegahan Stunting di Luwu Utara.

Menu pencegahan Stunting dapat kita kreasikan. Tergantung sasarannya, kita buat menu untuk ibu hamil, dan juga menu untuk baduta yang tentu berbeda.” sebut Hartati A. Kadir, salah satu anggota Dharma Wanita dari Kecamatan Baebunta.

Komposisi gizi dari tiap menu, terang Hartati, menjadi perhatian dalam setiap mengkreasikan sebuah menu makanan.
” Komposisi karbohidrat, protein, lemak dan zat gizi lainnya, perlu dihitung dalam membuat sebuah menu makanan. Apalagi ini khan untuk mencegah Stunting ” jelasnya. (Red/Yustus)

Pos terkait