Denny Simbar Pensiun, Mambor Tunjuk Phiter Lambe Plt Sekda Teluk Wondama

WASIOR – Denny Simbar resmi mengakhiri jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada Rabu, 31 Mei 2023. Simbar memasuki masa purna tugas.

Posisi Sekda dipercayakan kepada Inspektur Kabupaten, Palino Phiter Lambe sebagai pelaksana tugas (Plt) hingga pejabat Sekda yang baru dilantik.

Penunjukkan Lambe sesuai Surat Perintah Tugas Bupati Teluk Wondama nomor : 800/222/BUP-TW/V/2023.

Simbar sendiri telah mengemban jabatan Sekda Teluk Wondama selama lima tahun tujuh bulan dalam dua masa pemerintahan.

Yakni pada 2017-2021 dalam periode kepemimpinan Bupati Bernadus Imburi dan Wakil Bupati Paulus Indubri dan 2021-2023 yang dinakhodai duet Bupati Hendrik Mambor dan Wakil Bupati Andarias Kayukatuy.

“Tidak terasa lima tahun tujuh bulan saya selesai melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Sekda. Rasanya waktu itu begitu singkat, sangat singkat, “ucap Simbar pada acara serah terima jabatan (sertijab) di aula Sasana Karya, kantor bupati Teluk Wondama di Isei, Rabu siang.

Baca Juga :   Debat Publik Pilkada : Paslon A2 Target Semua Puskesmas Terakreditasi, Kesejahteraan Petugas Medis Naik

Ayah tiga orang putera itu menyampaikan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati atas kepercayaan yang telah diberikan. Juga atas dukungan dari berbagai pihak serta kerjasama yang telah terjalin baik selama ini.

“Tentu selama menjalankan tugas banyak sekali kesalahan dan kekhilafan baik di sengaja maupun tidak, saya menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada semua orang, “kata mantan asisten Sekda Kabupaten Jayapura itu.

Bupati Hendrik Mambor atas nama Pemda dan masyarakat juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian Denny Simbar selama menjabat Sekda Teluk Wondama.

“Bapak Denny Simbar sudah banyak membantu pemda dan masyarakat, juga bekerja bersama terutama dalam masa pemerintahan saya bersama wakil bupati selama dua tahun ini, “kata Mambor.

Mambor berharap hal-hal baik yang telah dibuat Denny Simbar selama menjadi Sekda dapat diteruskan oleh Sekda yang baru juga oleh para pejabat serta seluruh jajaran PNS Pemkab Teluk Wondama.

Baca Juga :   GRD dan KSN serukan boikot PT. NSS

“Kiranya pengalaman-pengalaman yang baik itu kita terus pakai, kita kembangkan lebih maju lagi, lebih baik lagi, “pesan Mambor.

Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Wondama Adrian Worengga juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja serta dedikasi yang diperlihatkan Denny Simbar selama mengemban jabatan Sekda.

Dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, DAP Wondama menilai Simbar berhasil mengangkat Kabupaten Teluk Wondama dari kondisi yang belum begitu baik menjadi jauh lebih baik.

Hal itu dibuktikan dengan perolehan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI secara berturut-turut sejak 2018 sampai 2022.

Diketahui sebelumnya laporan keuangan Pemkab Teluk Wondama (LKPD) beberapa kali mendapatkan opini disclaimer hingga yang tertinggi adalah wajar dengan pengecualian (WDP).

“Selama lebih kurang lima tahun Kabupaten Teluk Wondama mendapat WTP secara berturut-turut. Ini adalah kerja keras seorang Sekda untuk mengendalikan, mengamankan dan menyelamatkan kabupaten ini supaya kabupaten ini jangan mendapat defisit, “kata Worengga.

Baca Juga :   TNI/Polri di Wondama Vaksinasi Covid-19, Pastikan Vaksin Aman untuk Tubuh

Sertijab Sekda Teluk Wondama turut dihadiri Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Kapolres AKBP Hari Sutanto, Dandim 1811/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Budi Setiadi.

Hadir pula Ketua Komisi C DPRD Remran Sinadia serta para pimpinan OPD, Kepala Distrik, Kepala kampung dan pejabat terkait lainnya. (Nday)

Pos terkait