Debat Publik Pilkada : Paslon A2 Target Semua Puskesmas Terakreditasi, Kesejahteraan Petugas Medis Naik

  • Whatsapp

WASIOR – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama nomor urut 1 Elysa Auri-Fery Auparay (A2) akan mengoptimalkan dana otonomi khusus (Otsus) untuk menghadirkan layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat Wondama.

Pasangan A2 menargetkan semua Puskemas di Wondama harus terakreditasi untuk memastikan layanan kesehatan di tingkat Puskesmas dilakukan sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Hal itu disampaikan dalam Debat Publik Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Teluk Wondama Tahun 2020 putaran ketiga yang mengusung tema ‘Menuju Wondama Sehat’ Kamis sore hingga malam di aula SMPN Wasior.

“Dari 14 Puskesmas ada 7 yang sudah akreditasi sisanya belum akreditasi. Untuk itu perlu kita dorong untuk mendapatkan bantuan BOK dari Kemenkes. Siapapun yang akan menjadi bupati yang 7 itu harus diangkat menjadi akreditasi sehingga pelayanan dasar bisa dirasakan masyarakat, “kata Elysa Auri.

Auri-Auparay yang diusung PDIP, PKPI dan PSI juga menjanjikan perbaikan kesejahteraan para petugas medis dengan meningkatkan TPP (tambahan penghasilan pegawai) bagi yang berstatus PNS dan insentif khusus bagi yang non PNS.

“Para medis harus kita tingkatkan sarana dan prasarananya. Para medis kita tingkatkan lagi pendidikannya. Kalau yang belum ada dokter spesialis pemerintah berikan hak untuk sekolah dokter spesialis.

Untuk perawat kita tingkatkan lagi, mereka harus mendapatkan kesejahteraan. Perawat harus ada TPP dengan SK Bupati harus mendapatkan kenaikan TPP, “ lanjut mantan Asisten Sekda Provinsi Papua itu.

Berkaitan dengan virus corona atau Covid-19 yang dari hari ke hari terus terjadi penambahan kasus, Fery Auparay menyatakan hal itu menjadi tanggung jawab bersama pemerintah daerah bersama seluruh elemen masyarakat.

Karena itu jika terpilih dalam Pilkada 2020, kata Fery, pihaknya akan melibatkan semua pihak terkait untuk bersama-sama memerangi virus Corona.

Paslon A2 juga mengajak semua komponen masyarakat Wondama agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Virus corona harus jadi musuh bersama. Kami berharap semua elemen masyarakat bahu membahu selesaikan, kita bisa cegah ini, “ ucap Fery yang menyebut hadirnya vaksin corona akan menjadi harapan baru bagi masyarakat dunia termasuk di Wondama. (Nday)

Pos terkait