Chandra Wakumbuar, Siswa SD Wondiboi Jadi Wakil Papua Barat Lomba Bercerita Tingkat Nasional

  • Whatsapp

WASIOR – Chandra R. Wakumbuar, pelajar SD YPK Wondiboi, Kabupaten Teluk Wondama akan mewakili Provinsi Papua Barat pada lomba bercerita tingkat nasional bulan September mendatang di Jakarta.

Tiket menuju Jakarta diperoleh Chandra setelah tampil sebagai juara pertama pada lomba bercerita tingkat Provinsi Papua Barat untuk kagetori SD/MI yang digelar 23 Juli lalu di Manokwari.

Pelajar kelas 4 SD itu membawakan cerita rakyat ‘Sombatoro’ yang merupakan cerita rakyat asal Kampung Tandia serta kisah tentang Batu Api yang merupakan cerita rakyat dari wilayah Naikere.

“Ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Teluk Wondama karena cerita rakyat kita bisa diperkenalkan kepada orang banyak dan bisa menjadi juara sehingga nanti bisa diketahui juga secara lebih luas karena adik kita ini akan tampil di tingkat nasional, “ kata Kepala Dinas Perpustakaan Teluk Wondama Eka Wosiri di Wasior, Selasa.

Dalam ajang yang sama, lanjut Eka, untuk kategori lomba perpustakaan tingkat sekolah, Kabupaten Teluk Wondama yang diwakili perpustakaan SMA Negeri 01 Wondama meraih juara harapan II.
Sementara untuk lomba perpustakaan kampung, perpustakaan Atumasiri dari Kampung Kabou, distrik Wondiboi mendapatkan juara harapan I.
Prestasi yang diukir Chandra diharapkan bisa memotivasi semua pihak di Wondama agar lebih peduli terhadap cerita rakyat yang juga merupakan bagian dari kekayaan budaya Wondama.

Berkaitan dengan itu, lanjut Eka, Dinas Perpustakaan juga akan menyelenggarakan lomba menulis cerita rakyat untuk umum guna memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Kegiatan ini digelar dalam rangka pelestarian cerita rakyat yang banyak dimiliki masyarakat adat Wondama.

“Tujuannya untuk lestarikan khasanah budaya daerah khususnya cerita arakyat agar tidak sampai punah dan juga untuk mengembangkan minat baca masyarakat, “ ujar mantan Staf Ahli Bupati Teluk Wondama ini. (Nday)

Pos terkait