Cegah Potensi Kecurangan di Pilkada Bawaslu Manokwari Bekali PTPS 

MANOKWARI – Dalam rangka mengawal jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manokwari, melalui Panwascam Distrik Manokwari Barat, terus melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Bimtek yang difokuskan untuk PTPS se-Distrik Manokwari Barat, bertujuan untuk memberikan penguatan sehingga bisa mencegah semua potensi kecurangan, dan bisa melakukan tugas sesuai dengan amanat undang-undang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Syors Prawar mengatakan, pihaknya hari ini melakukan bimbingan teknis untuk para PTPS yang akan bekerja pada saat pilkada nanti.

“Kita melakukan Bimtek ini bertujuan untuk bagaimana memperkuat, dan mempertajam fungsi pengawasan bagi pengawas kami ditingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ujar Syors, kepada Kabartimur.com, Kamis (3/12).

Pihaknya memberikan penguatan kapasitas, dengan melihat dan mencegah terjadinya pelanggaran pelanggan saat pelaksanaan pilkada, juga juga kita berikan bimbingan berkaitan dengan penggunaan Siwaslu, sehingga mereka juga bisa dengan cepat melakukan laporan, terkait hasil pengawasan ditingkat TPS,” ucapnya.

Baca Juga :   Sebanyak 570 CPNS Formasi 2018 di Manokwari Terima STTPL

“Disini kita memberikan pemahaman yang secara lebih tajam (detail) bagaimana saat anggota  PTPS ada di TPS semua hal yang bersifat potensi pelanggan, itu harus di awasi,” tutur Ketua Bawaslu.

Syors menegaskan bahwa PTPS adalah garda terdepan bagi Bawaslu, maka mereka harus bisa bekerja sesuai dengan apa yang sudah diamanatkan dalam undang-undang, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Distrik Manokwari Barat, Samsudin Renuat mengatakan bahwa tahapan pilkada di Kabupaten Manokwari sudah berjalan dan tinggal beberapa hari memasuki tahapan pemungutan suara dan untuk wilayah Manokwari Barat memiliki jangkauan cukup luas yakni 6 kelurahan dan 4 kampung dan  hal tersebut sangat menjadi perhatian melihat  tingkat kerawanan sangat berpotensi dimana wilayah Distrik Manokwari Barat memiliki jumlah DPT 68.939.

Olehnya itu panwascam  memberikan penguatan serta kapasitas sumber daya manusia, bagi para PTPS Distrik Manokwari Barat yang berjumlah 216 orang dan tersebar di 6 kelurahan 4 kampung.
(SR)

Pos terkait