BWS akan Bangun Intek Besar di Wilayah distrik Mansel

  • Whatsapp

MANOKWARI– Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat, akan membangun Intek di Manokwari, Provinsi Papua Barat, tepatnya di wilayah distrik Manokwari Selatan (Mansel).
Kepala BWS Papua Barat, Elroy Koyari, mengatakan, pembangunan Intek tersebut, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air baku untuk masyarakat.

“Kita ada satu kegiatan tahun ini, itu peningkatan air baku di Manokwari, rencananya air baku itu akan melayani wilayah perkantoran Gubernur di Arfai, Kodam, Polda Papua Barat, dan daerah Sowi, Kita akan bangun satu Intek besar di situ,” kata Koyari kepada wartawan di kantornya, Selasa (8/1).

Koyari menjelaskan, sumber air yang akan ditarik ke Intek bersumber dari Kali Maruni dan masih berupa air baku.
“Konstruksinya baja semua dan nanti ada bak satu di situ karena sesuai gratifikasi air dapat mengalir. Nanti ada bak satu yang kita alirkan ke perkantoran Gubernur, tetapi pembangunan IPA kita menunggu desain dari cipta karya,” jelas Koyari.

Baca Juga :   Pengadilan Negeri Manokwari Lakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

Disebutkan Koyari, bak yang akan dibangun di wilayah distrik Mansel tersebut, kapasitas cukup besar, yaitu dengan debit air 40 liter per detik.
“Saya pikir debit yang cukup besar. 40 liter per detik, saya pikir bisa menjawab kebutuhan air lebih dari 4000 orang di daerah situ,” ungkap Koyari.

Menurutnya, pembangunan satu unit Intek dan bak di wilayah distrik Mansel tersebut ditargetkan akan selesai tahun ini, sehingga pelayanan air baku untuk masyarakat dan perkantoran di daerah tersebut dapat terpenuhi.
“Kali Maruni 140 liter per detik, saya rasa untuk seluruh masyarakat Kabupaten Manokwari sudah cukup, karena jumlah penduduknya tidak terlalu banyak,” pungkas Koyari.

Pos terkait