Bupati Lantik 72 Pejabat di Lingkup Pemkab Manokwari, Marhatigoran Sitomurang Jabat Kadis PU

  • Whatsapp

MANOKWARI-Bupati Manokwari, Demas Paulus Madacan, melantik 72 pejabat Pimpinan Pratama (Eselon ll), Pejabat Administrator (Eselon lll) dan Pejabat Pengawas (Eselon lV) lingkup pemkab Manokwari di ruang Sasana Karya, Selasa 23 April 2019.

Pelantikan 72 pejabat tersebut terdiri dari eselon ll satu orang, eselon ll sebanayak 17 orang dan eselon lV sebanyak 54 orang.

Untuk jabatan Eselon ll, Bupati melantik Marhatigoran Sitomurang sebagai Kepala Dinas PU menggantikan Wempy Bandung yang telah pensiun. Sebelumnya, Marhatigoran Sitomurang menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan 72 pejabat yang dilantik disaksikan wakil bupati Manokwari, Sekda manokwari serta pejabat instansi di lingkup pemkab manokwari.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan pelantikan pejabat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan  efisiensi dan efektivitas  penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Pelantikan juga sebagai penataan kelembagaan ketatalaksanaan dan kepegawaian untuk mewujudkan kinerja  pemerintah daerah yang optimal.

Lanjut Bupati, sesuai amanah UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN dan PP Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja serta PP Nomor 53 Tahun 2010 Tentang disiplin  PNS, maka kinerja pejabat yang dilantik  sudah lebih dulu dievaluasi melalui baperjakat, disesuaikan dengan analisis jabatan maupun analisis beban kerja  untuk menjamin objektivitas, transparansi dan kesesuaian antara tuntutan  tugas dalam jabatan dengan pegawai yang menduduki jabatan tersebut.

Menurut Demas, untuk mengisi jabatan  yang sudah kosong dibutuhkan ASN yang memiliki disiplin ilmu, karakter, kreatif dan keterampilan serta terhindar dari perilaku koruptif juga untuk penyegaran  sebagai  pelaksanaan evaluasi kinerja  dalam pelaksanaan program dan serapan  anggaran.

Bupati meminta  setiap pejabat yang dilantik benar-benar mampu menjaga kepercayaan  dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, penuh keseriusan dan tanggungjawab dalam menjalankan tugas  dan fungsinya.

Bupati berharap pejabat baru dapat mendorong dan memotivasi kinerja pelaksanaan berbagi program dan kegiatan dalam  memenuhi harapan untuk peningkatan dan percepatan  pelayanan pemerintah kepada  masyarakat. Juga berkomitmen memahami permasalahan teknis terkait tufoksi OPD masing-masing guna  menjawab dan menjabarkan visi-misi pemkab Manokwari.

Pejabat Juga harus mampu  mengembangkan pemikiran konsepsional dan mewujudkan dalam berbagai rancangan operasional yang baik.

“Jangan pernah merasa puas terhadap apa yang selama ini sudah  dicapai, pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan,” pungkas Demas.

Pos terkait