Bupati Imbau Semua Pimpinan OPD Tindaklanjuti Rekomendasi DPRD Atas LKPJ 2021

MANOKWARI, Kabartimur.com “Saya akan memerintahkan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperhatikan dan menindaklanjuti rekomendasi DPRD atas LKPJ 2021, sebagaimana ketentuan pemerintah nomor 13 tahun 2019 dan Permendagri nomor 18 tahun 2020”.

Hal tersebut ditegaskan bupati Manokwari dalam penyampaiannya pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Manokwari Masa Sidang II Tahun 2022 Tentang Penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Manokwari Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Manokwari Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Kabupaten Manokwari, Jl. Drs Esau Sesa Sowi Gunung , Rabu (29/6/2022).

Bupati mengungkapkan bahwa penyampaian dan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban ( LKPJ) kepala daerah kabupaten Manokwari tahun anggaran 2021 telah sampai pada acara penyampaian rekomendasi DPRD atas LKPJ pada sidang paripurna dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Manokwari.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Kunjungi kantor Distrik Masni Norman Tambunan Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

Sebagaimana tahun 2021 merupakan pelaksanaan tahun pertama masa kepemimpinan bupati dan wakil bupati terpilih periode tahun 2021-2024 pihaknya bersama jajaran pemerintahan daerah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat guna menjawab dan mengakomodir kebutuhan serta aspirasi masyarakat, yang tertuang dalam peraturan daerah nomor 19 tahun 2021 tentang RPJMD.

“Pencapaian kinerja pemerintah daerah selama tahun anggaran 2021 boleh terjadi karena adanya kebersamaan, motivasi dan komitmen pengabdian yang kuat antara pihak legislatif dan eksekutif sehingga semua program dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan” kata Bupati.

Selain itu, Pencapaian kinerja pemerintah diukur berdasarkan IKU dan IKK yang diatur dalam peraturan daerah nomor 19 tahun 2021 dan IKK sesuai Permendagri nomor 18 2020 serta Permendagri nomor 50- 5589 tahun 2021.

Bupati mengakui bahwa Pemerintah menyadari akan masih banyak harapan dan kebutuhan masyarakat yang belum terakomodir secara baik, disebabkan keterbatasan sumber-sumber pembiayaan pemerintah daerah.

Baca Juga :   Sebanyak 4.337 Beasiswa PIP Disalurkan dari Jalur Aspirasi Robert Kardinal

Olehnya itu, pihkanya menghimbau kepada semua jajaran organisasi perangkat daerah agar dapat meningkatkan kreativitas menciptakan inovasi untuk mengoptimalkan segenap potensi daerah terutama dalam menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah Dewi masa-masa yang akan datang untuk menjawab permasalahan daerah yang semakin kompleks.

Pihaknya menyampaikan ucapan terimah kasih atas berbagai masukan dan saran membangun dari pihak legislatif terkait dengan rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh pihak DPRD.

Bupati berharap agar hubungan kerjasama yang harmonis dan saling menghormati antara lembaga eksekutif dan lembaga legislatif yang selama ini telah terjalin dalam wahana kemitraan yang sinergi dapat terus dipertahankan bahkan dapat lebih ditingkatkan di masa yang akan datang dalam rangka meningkatkan kinerja di bidang pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Saya yakin walaupun tantangan yang kita hadapi ke depan semakin berat dan kompleks namun komunikasi dan koordinasi serta kesepahaman yang terjalin secara baik merupakan momentum bersama untuk menata dan membangun kabupaten Manokwari menuju hari esok yang lebih baik” Harapnya.

Baca Juga :   100 Pelaku UMKM Ikut Meriahkan Wisata Kuliner Nusantara di Manokwari

Pada kesempatan yang sama pula atas nama pemerintah daerah kabupaten Manokwari bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :

1. Pihak DPRD atas dedikasi dan kerjasama yang baik sehingga berbagai tugas konstitusional dapat diselesaikan dengan baik,terutama peran legislasi dalam melaksanakan fungsi kontrol terhadap kinerja birokrasi pemerintah daerah selama melaksanakan kegiatan dalam tahun anggaran 2021.

2. Jajaran organisasi perangkat daerah yang selama ini saling bahu – membahu dalam melaksanakan tugas-tugas birokrasi yang dipercayakan kepada kita masing-masing. Untuk itu saya tekankan agar senantiasa menjadi dedikasi, komitmen dan koordinasi dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan rakyat kepada kita.

3. Ucapan terima kasih pula saya sampaikan kepada seluruh komponen masyarakat di daerah ini baik aparat TNI , POLRI, Tokoh agama, Tokoh perempuan, tokoh pemuda serta segenap lapisan masyarakat atas kontribusi dan kerjasamanya dalam menjaga dan memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban daerah ini.(Red)

Pos terkait