BI Siapkan Pasokan Uang Kartal 360 Milyar Selama Ramadhan

MANOKWARI, kabartimur.com – Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua Barat siapkan uang kartal senilai 360 Milyar Rupiah selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah, Tahun 2022.

Uang resmi yang terbitkan oleh Bank Indonesia (Kartal) tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan dan memastikan  kecukupan uang jelang hari besar keagamaan.

Bacaan Lainnya

“Kebutuhan uang selama periode Ramadhan tahun ini mengalami peningkatan sebesar 14,24 persen di banding tahun 2021 yang tercatat hanya 315 Milyar Rupiah, ” Jelas Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat James Wilson Lumban Tobing dalam Release tertulisnya, Selasa (22/3/2022).

Beberapa lokasi yang telah ditentukan diantaranya 11 lokasi layanan Bank dan 2 kas titipan BI yang ada di wilayah Papua Barat. Untuk wilayah Manokwari  Penukaran secara ritel pada masyarakat di 3 lokasi yakni Manokwari City Mall, Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi, selebihnya dilakukan dengan kerjasama seluruh Perbankan di Papua Barat.

Baca Juga :   DPA Beda Dengan Hasil Sidang, Bupati: Ada Mekanisme Yang Harus Dipatuhi

“Dengan banyaknya jumlah lokasi Penukaran ritel masyarakat diharpakan dapat mengurangi kerumunan guna menghindari penyebaran Covid-19” Tulis James.

Untuk mempermudah layanan secara digital, Masyarakat Papua Barat juga dapat menjadwalkan Penukaran uang melalui www.pintar.go.id, dengan datang langsung ke BI Papua Barat mengikuti jadwal yang telah ditentukan.

Melalui gerakan cinta bangga dan paham (CBP) Rupiah, Bank Indonesia Berharap, masyarakat agar dapat menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap Rupiah sebagai simbol kedaulatan NKRI serta paham cara berbelanja dengan bijak. (TS)

Pos terkait