Besok Pleno Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten, Polres Teluk Wondama Terapkan Penjagaan Tiga Lapis

WASIOR, Kabartimur.com – Kepolisian Resor Teluk Wondama, Papua Barat menerapkan penjagaan berlapis untuk mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Wondama menjadwalkan rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten dilaksanakan pada Rabu, 28 Februari besok.

Kapolres AKBP Hari Sutanto mengatakan pengamanan rapat pleno tingkat kabupaten dilakukan dengan sistim tiga ring. Ring pertama mencakup ruangan atau gedung tempat pelaksanaan rapat pleno terbuka.

Menurut Kapolres pada ring pertama ini hanya tamu dan undangan yang memiliki undangan resmi dari KPU yang diperbolehkan masuk. Selanjutnya ring dua, mencakup seputaran halaman gedung tempat pelaksanaan rapat pleno.

Dan ring tiga kawasan di luar halaman gedung tempat pelaksanaan rapat pleno. Kapolres mengatakan pada setiap ring akan ditempatkan personel Polri dengan jumlah yang berbeda.

Baca Juga :   Ketua KPU: Beban Kerja Penyelenggara Jadi Tantangan Berat Pemilu 2024

“Itu nanti kita berlakukan seperti itu. Karena kita antisipasi jangan sampai kejadian seperti di Pleno PPD Wasior di mana banyak orang yang tidak berkepentingan akhirnya masuk (ke ruang rapat pleno). Ini yang nantinya kita berlakukan di pleno kabupaten, “jelas Kapolres.

Adapun dalam pengamanan Pemilu 2024, Polres Teluk Wondama menerjunkan dua pertiga kekuatan yang dimiliki yakni sebanyak 200 lebih personel.

Selain personel Polres sendiri, lanjut Kapolres, satu pleton pasukan Brimob BKO Polda Papua Barat juga turut disiagakan untuk mendukung pengamanan. Namun demikian personel Brimob tidak langsung diterjunkan ke lokasi rapat pleno.

“Rekan-rekan Brimob hanya kita siapkan untuk mengantisipasi kondisi. Harapan kita Brimob hanya stanby saja tidak melakukan kegiatan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, “ujar Hari sembari berharap masyarakat turut menjaga kondisi Kamtibmas di Wondama tetap kondusif.

Baca Juga :   AHY Kumpulkan Petinggi Demokrat Seluruh Indonesia

Terpisah, Ketua KPU Teluk Wondama Yustinus Rumabur mengatakan pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten pada Rabu, 28 Februari 2024.

“Kita jadwalkan 28 Februari. Jadi dari Selasa itu teman-teman PPD (panitia pemilihan distrik) dari pulau sudah datang, “kata Rumabur. (Nday)

 

Pos terkait