Bentuk Pramuka Berprestasi, Kwarcab 3305 Teluk Wondama Gelar Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

WASIOR – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 3305 Teluk Wondama menyelenggarakan Lomba Tingkat (LT) III Pramuka Penggalang.

LT III yang melibatkan sembilan gugus depan menjadi ajang pembinaan mental, fisik juga disiplin serta mengasah keterampilan dan kreativitas Pramuka Penggalang.

Dari LT III nantinya terpilih regu berprestasi tinggi yang akan mewakili Kwarcab 3305 pada LT IV yang berlangsung di tingkat Kwartir Daerah dan LT V untuk tingkat nasional.

Bupati Hendrik Mambor selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwarcab 3305 Teluk Wondama menekankan LT III bukan sekedar ajang unjuk kebolehan dengan mengandalkan kekuatan mental dan fisik semata.

Namun hendaknya menjadi sarana untuk mendapatkan tambahan pengalaman, persahabatan, penguatan disiplin dan tanggung jawab dan penghayatan Satya Darma Pramuka.

Karena itu diharapkan seluruh regu mengikuti perlombaan dengan serius dan penuh semangat.

Baca Juga :   Pesan Toleransi dan Persatuan Menggema dari Ribuan Lokasi Salat Ied LDII

Mambor juga berpesan agar para dewan juri melakukan penilaian secara sportif dan objektif sehingga bisa terpilih pemenang yang benar-benar memiliki kualitas yang baik.

“Sehingga diharapkan dapat berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi yaitu di tingkat Kwarcab maupun tingkat nasional serta mampu membawa nama baik Kabupaten Teluk Wondama, “pesan Mambor dalam sambutan tertulis yang dibacakan Aser Waroi selaku Ketua Kwarcab 3305 pada acara pembukaan di Bumi Perkemahan Hutan Wisata Kampung Dotir, Distrik Wasior, Selasa (14/3/2023).

Selaku Kakwarcab, Aser Waroi juga berharap para peserta yang terdiri atas sembilan regu putera dan sembilan regu puteri memanfaatkan ajang itu untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas masing-masing.

Ada 5 materi pokok yang diperlombakan dalam LT III yaitu pengamalan kode kehormatan, keterampilan hidup dan manajerial, teknik kepramukaan, ketangkasan dan bela negara. Juga materi tentang festival budaya dan lomba teknologi.

Baca Juga :   Kenang Alm. Pater Anton Bartolomeus Maria Tromp, OSA, Bupati: Alm. adalah Utusan Tuhan Bagi Kita Orang Papua

“Inilah kesempatan bagi adik-adik untuk menunjukkan kemampuan, dedikasi kreativitas, keterampilan, intelejensi yang baik pada jati diri masing-masing,” pesan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama itu.

Selain jajaran pembina dan pelatih dari Kwarcab 3305 Teluk Wondama, LT III juga dipandu oleh pelatih pramuka tingkat nasional yang juga pengurus Kwarnas, Supriyadi.

Supriyadi tercatat sebagai Wakil Ketua Kwarnas yang membidangi Komisi Pembinaan Anggota Muda. (Nday)

Pos terkait