Teluk Wondama Raih UHC Award, Bupati Mambor Target Semua Penduduk Terdaftar JKN-KIS

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama mendapatkan penghargaan UHC (universal health coverage) award 2023 dari pemerintah pusat.

UHC award merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah yang telah berhasil mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau universal health coverage sebagai upaya untuk mendukung program JKN-KIS.

Kabupaten Teluk Wondama sendiri telah mencatatkan cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan mencapai 98,19 persen dari jumlah penduduk di kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu sebanyak 45.030 jiwa.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menerima langsung tropi UHC award 2023 yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Carnavian di Balai Sudirman Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Bupati mengatakan penghargaan UHC award merupakan kebanggaan bagi Pemda dan seluruh rakyat Kabupaten Teluk Wondama.

Mambor menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran OPD terkait, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari dan Kabupaten Teluk Wondama juga komponen masyarakat lainnya yang telah berperan serta dalam mendukung program JKN-KIS.

Baca Juga :   120 Warga Kampung Iriati di Wondama Terima BLT Dana Desa, Diharap Tidak untuk Beli Togel dan Mabuk-mabukan

“Dengan tercapainya UHC di Kabupaten Teluk Wondama maka pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat juga harus optimal. Dan perlu ada transformasi mutu pelayanan ke depannya, “ujar Mambor dalam keterangan tertulis.

Bupati juga memastikan Pemkab akan terus berupaya agar seluruh penduduk Teluk Wondama bisa dijaminkan pelayanan kesehatannya melalui JKN-KIS.

“Sebanyak 98 persen telah kita jaminkan kesehatannya dan kita akan lakukan upaya-upaya supaya penduduk kita yang belum terdaftar dalam program JKN-KIS agar dapat dilayani. Sehingga kita harapkan masyarakat kita semua dapat dilayani melalui JKN-KIS, “lanjut bupati ketiga Teluk Wondama itu.

Sebagai informasi, berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, terhitung sejak Januari 2023 sebanyak 42.213 jiwa penduduk Kabupaten Teluk Wondama telah terdaftar sebagai sebagai peserta program JKN. (Nday)

 

 

 

 

 

Baca Juga :   Ukir Sejarah Sebagai Putera Asli Wondama Pertama Pimpin MRPB, Judson Waprak : Ini Pengakuan Atas Jati Diri Orang Wondama

 

Pos terkait