Apresiasi Dedikasi Para Bidan, Bupati Mambor : Bidan Bertaruh untuk Selamatkan Jiwa Ibu dan Anak

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para bidan atas pengabdian dan dedikasinya dalam menolong masyarakat terutama ketika menjalani proses persalinan.

Mambor menyatakan bidan memiliki peranan penting dalam menyiapkan generasi baru Wondama yang berkualitas dimulai sejak dalam kandungan hingga lahir dan bertumbuh.

“Jadi tanggung jawab bidan tidak ringan jadi mesti mendapat support dari kita semua terutama Pemda. Karena pada kondisi-kondisi tertentu, selain dokter, bidan bertaruh untuk menyelamatkan jiwa baik ibu maupun anak, “ucap Mambor.

“Karena itu kami memberikan apresiasi, rasa hormat dan salut kepada para bidan yang telah mengabdikan diri bagi bangsa dan negara Indonesia secara khusus bagi masyarakat di Teluk Wondama, “lanjut bupati pada acara peringatan ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 di Taman Masasosa Topai Wasior, Jumat pagi (24/6/2022).

Baca Juga :   Satgas Percepatan Berusaha Terbentuk, Bupati Wondama Ingin Pelayanan Publik Cepat dan Murah

Bupati berharap pada bidan yang tergabung dalam IBI Cabang Teluk Wondama terus memberikan pelayanan terbaik terutama untuk menekan angka kematian ibu dan bayi juga stunting di Wondama yang relatif masih tinggi.

Sebelumnya, Ketua IBI Cabang Teluk Wondama Lusiana Tangirau menjelaskan bidan telah hadir dan berkiprah di Wondama jauh sebelum Teluk Wondama menjadi kabupaten definitif pada 2003 silam.

Sampai saat ini jumlah bidan di Wondama tercatat sebanyak 126 orang yang tersebar pada RSUD, Puskesmas dan Pustu juga fasilitas layanan medis lainnya di seluruh wilayah Teluk Wondama.

“Hingga hari ini jumlah bidan di Wondama sebanyak 126 orang. Terdiri bidan PNS 66 orang sedangkan separuhnya yaitu 60 orang masih berstatus tenaga honorer yang tidak jemu-jemu setia melayani di tempat ini dengan segala keterbatasan,” ujar Lusi.

Baca Juga :   Launcing 15 Aksi Perubahan PKP Angkatan I, Mambor Harap Inovasi yang Dibuat Bisa Tuntaskan Permasalahan Daerah

 

Lusi berharap  momen hari jadi IBI ke-71 tahun memberi energi dan semangat baru bagi para bidan untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

IBI Wondama, lanjut Lusi,  juga berkomitmen mendukung program pemerintah dari pusat hingga daera termasuk mendukung visi misi pemerintah Kabupaten Teluk Wondama

“Agar memberikan seluruh kemampuan dan keterampilan untuk mendukung penuh pemerintah di tingkat pusat dan daerah dan menjadi garda terdepan melanjutkan visi dan misi Teluk Wondama yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, “pesan bidan yang bertugas di RSUD Teluk Wondama itu.

Ulang tahun IBI ke-71 di Kabupaten Teluk Wondama diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama mengambil star dari lapangan Miei menuju Taman Masasoya Topai Wasior.

Jalan Sehat HUT IBI dilepas oleh Bupati Hendrik Mambor dengan melibatkan para bidan dan petugas medis lainnya juga sejumlah pejabat Pemkab Teluk Wondama. (Nday)

Pos terkait