Sebanyak 65 ASN di Lingkup Pemda Manokwari Ikuti Ujian Dinas TK.II dan UPKP TK. III

MANOKWARI, kabartimur.com- Sebanyak 65 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat mengikuti ujian dinas TK.II dan UPKP TK.III.

Pelaksanaan ujian dilaksanakan di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Manokwari jalan percetakan.

Kepala BKD kabupaten Manokwari, Anton Renyaan kepada kabartimur.com menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian tersebut untuk para ASN yang pangkatnya sudah 4 tahun menduduki pangkat terakhir dan sebelum pindah golongan harus melewat jalur ini sesuai undang-undang ASN yang dinamakan ujian dinas tingkat I, ujian dinas tingkat II dan berlanjut di Ujian Penyesuaian Ijazah Kenaikan Pangkat (UPKP) .

Renyaan menyebut bahwa Ujian ini Merupakan kegiatan rutinitas per Periode yang dilaksanakan setahun sekali oleh BKD.

Untuk pelaksanaan ujian dinas di tahun 2022 kata Renyaan Pihaknya bekerjasama
BKD provinsi Papua barat dan diikuti oleh peserta dari kabupaten Manokwari sebanyak 65 orang .

Baca Juga :   Kemenag Papua Barat Berpesan Semangat Berkurban Harus Mampu Mengedepankan Orang Lain

Renyaan merinci jumlah 65 ASN yang mengikuti ujian dinas tingkat I berjumlah 21 orang, ujian dinas tingkat II berjumlah 23 orang dan UPKP tingkat I itu golongan 1 ke golongan 2 berjumlah 9 orang dan penyesuaian ijazah S1 ada 12 orang yang disebut uppk tingkat III .

“Sebagai ASN untuk pindah golongan 1 ke 2, 3 dan 4 harus tetap lewat jalur ini untuk kemudian diproses kenaikan pangkatnya, karena ini hak ASN juga di mana dalam setahun itu kita adakan satu kali” terang Renyaan.

Lanjut Renyaan, mengatakan bahwa berhubung BKD Provinsi Papua Barat sudah terakreditasi sehingga pelaksanaan ujian dinas dilaksanakan di Manokwari dan para ASN tidak lagi ke Jakarta.

Renyaan mengungkapkan bahwa ujian dinas yang dilaksanakan pihak penguji melakukan pengujian kepada peserta terhadap karya karya tulis yang diberikan apakah peserta benar-benar memahami atau tidak serta metode penguasaan materi terhadap karya ilmiah yang mereka tulis.

Baca Juga :   PHI ke 92, Bupati: Peran Ibu Sangat Dibutuhkan Cegah Penularan Covid-19

“Hari ini kita sudah wawancara peserta dan hasilnya nanti akan dilihat dari kelayakan lulus atau tidak lulus pesertanya ” ujar Renyaan.

Adapun tim penguji yang dilibatkan dalam ujian dinas ini adalah kepala BKD Manokwari, BKD Papua Barat, dan pihak kepegawaian yang dinilai berkompetensi minimal telah ikut PIM dan sudah ikut penjenjangan.

Selanjutnya Renyaan menjelaskan untuk ujian dinas bagi golongan 1 (ijazah SD/SMP) yang berjumlah 9 orang mereka tidak lewat CAT dan penguji hanya memberikan soal yang berjumlah 100 soal untuk dikerjakan langsung Sementara untuk golongan 3 keatas menggunakan sistem CAT.

Pihaknya berharap dari 65 peserta yang mengikuti ujian dinas bisa lulus semua karena kelangsungan ujian dinas maupun penyesuaian ijazah ini diikuti semua pegawai dan BKD sedang menunggu pegawai yang masih sedang menyelesaikan Studinya pada beberapa universitas di Manokwari.(Red)

Pos terkait