Antisipasi Bencana, Pemkab Wondama Aktifkan Posko Siaga Darurat Bencana Mulai Hari Ini

WASIOR, Kabartimur.com – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mulai mengaktifkan Pos Komando (Posko) Siaga Darurat Bencana Tahun 2023 terhitung dari 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Anita Tappi mengatakan, pengaktifan Posko Siaga Darurat Bencana sebagai bentuk kesiapsiagaan Pemkab Teluk Wondama  mengantisipasi bencana alam yang terjadi terutama dalam masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Tugas Posko ini adalah bagaiamana melakukan kesiapsiagaan apabila nanti terjadi bencana. Terutama bencana banjir yang sering terjadi di Kabupaten Teluk Wondama, “kata Anita.

Posko siaga bencana yang berlokasi di samping Taman Masasoya Topai Wasior melibatkan tim gabungan terdiri dari BPBD bersama sejumlah OPD terkait, Basarnas, TNI/Polri juga Puskesmas dan para kepala distrik di wilayah Wasior, Wondiboi dan Rasiei.

Baca Juga :   Stand Pameran HUT Ke 19 Haltim Akhirnya Dibongkar Pasca Dibangun Taman Woyo Gula

“Posko ini siaga selama 1 x 24 jam. Nanti setiap petugas yang bertugas, nanti mereka akan melakukan pantauan-pantauan ke titik-titik yang rawan banjir terutama di sungai-sungai besar yang ada di kota Wasior dan sekitarnya, “jelas Anita.

Terkait cuaca menjelang akhir tahun, Anita menjelaskan, berdasarkan prakiraan cuaca yang diperoleh dari BMKG, curah hujan di wilayah Teluk Wondama pada bulan Desember hingga akhir tahun masih dalam skala rendah hingga sedang.

Curah hujan dengan itensitas tinggi diperkirakan baru terjadi pada Januari hingga Februari 2024.

Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk tetap waspada mengingat adanya anomali cuaca yang memungkinkan cuaca ekstrem bisa terjadi kapan saja.

“Jkami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada. Dan kami juga akan memberikan informasi jika ada informasi dari BMKG mengenai tingkat curah hujan yang harus diwaspadai, “kata mantan Kabag Kesra Setda Teluk Wondama itu.

Baca Juga :   Pengamanan Pantai Tanah Rubuh Jadi Atensi Kajari

Kepala Distrik Wasior Muhamad Ickbal Marani juga mengimbau masyarakat di wilayah Distrik Wasior agar tetap mewaspadai potensi terjadinya bencana selama masa libur Natal dan Tahun Baru khususnya banjir.

Masyarakat diharapkan ikut proaktif mencegah terjadinya banjir dengan tidak merusak kawasan daerah aliran Sungai (DAS).

Serta tidak membuang sampah atau kotoran lain ke sungai/kali termasuk ke saluran air/parit juga ke pantai.

“Juga ikut terlibat membersihkan saluran air, selokan termasuk kebersihan Sungai-sungai yang ada ini. Karena masih ada masyarakat yang kurang memiliki kesadaran yang membuang sampah langsung ke sungai. Kita semua harus jaga sungai ini supaya kita terbebas dari banjir, “pesan Ickbal.

Mantan Lurah Wasior ini menyatakan pembukaan Posko Siaga Darurat Bencana merupakan bentuk perhatian Pemda dalam menjamin keselamatan masyarakat dari bencana. Khususnya selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga :   Difasilitasi KAPABEL, KUPS "Kopi Pedamaran" Launcing Home Industry di Bokin

Hal itu menurutnya sebagai bentuk respon cepat dari kepala daerah demi menjamin keselamatan masyarakat dari  bencana.

“Ini kan sama dengan sedia payung sebelum hujan.  Jadi kami sebagai kepala wilayah menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak atas perhatian dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati juga para pimpinan daerah lainnya, “ujar Ickbal. (Nday)

Pos terkait