381 CPNS Wondama Mulai Latsar, Mambor Ingatkan Disiplin Jadi Modal Wujudkan PNS Profesional

WASIOR – Sebanyak 381 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2018 Kabupaten Teluk Wondama, Senin (18/7) mulai mengikuti pelatihan dasar (Latsar).

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor pada acara pembukaan di aula Sasana Karya, kompleks kantor bupati di Isei menyatakan Latsar bukan sekedar pemenuhan syarat untuk bisa diangkat menjadi PNS.

Tetapi yang terpenting adalah Latsar merupakan tempat penggodokan sikap, perilaku, mental juga mindset untuk mewujudkan profesionalisme PNS.

Melalui pelatihan dasar itu diharapkan para CPNS tidak saja akan menjadi aparat yang cerdas dan profesional, namun juga memiliki pemahaman tentang hak dan kewajibannya sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan koridor peraturan yang berlaku.

Termasuk kedisiplinan serta moral untuk membentuk aparat pemerintah Kabupaten Teluk Wondama yang berkualitas dan profesional.

“Disiplin dan patuh terhadap peraturan adalah sikap-sikap yang harus ditanamkan, ditumbuhkan dan dikembangkan di dalam diri setiap pegawai negeri sipil, sebab seorang PNS harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal patuh terhadap aturan dan hukum yang berlaku, “kata bupati dalam tampilan virtual yang telah direkam sebelumnya.

Baca Juga :   Reses, Anggota DPRD Wondama Dititipkan Aspirasi Banyak Warga Kurang Mampu Belum Punya Rumah

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Barat Eduard Nunaki saat memberikan arahan juga menekankan bahwa Latsar merupakan sarana pembentukan mental dan karakter CPNS agar bisa menjadi PNS yang unggul.

Maka dari itu dia mengingatkan seluruh peserta agar tidak melakukan tindakan atau perbuatan tercela selama masa Latsar seperti mabuk-mabukan.

“Berani miras (minum minuman keras) lansung diberhentikan dari latsar dan itu otomatis diberhentikan juga dari CPNS.

Saya ingatkan, mental dan karakter itu harus dibentuk supaya anda semua jangan jadi pegawai yang suka merengek tetapi harus menjadi ASN yang unggul, “ujar mantan Pjs Bupati Teluk Wondama itu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Teluk Wondama Ujang Waprak menjelaskan, kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan itu berlangsung selama 51 hari dan dibagi dalam 2 gelombang.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, Polres Wondama Siap Tindak Tegas Warga yang Tetap Berkerumun

Kegiatan Latsar berpusat di  balai Diklat Kompleks Kantor BKD di Iriati Wasior.

“Lamanya 51 hari, 18 hari di kelas dan 30 hari (masa orientasi) kembali ke OPD masing-masing, “terang Waprak.

Ikut hadir dalam acara pembukaan Latsar CPNS, Plt Asisten 1 Setda Aser Waroi yang sekaligus mewakili bupati, Asisten II Korinus Kris Torey, Wakapolres Kompol Wilhelmus Tiwo dan sejumlah pimpinan SKPD. (Nday)

Pos terkait