16 Tahun Menunggu, Pemkab Wondama Akhirnya Raih Opini WTP

  • Whatsapp

Wasior- Kabupaten Teluk Wondama berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Papua Barat terhadap laporan keuangan pemda tahun anggaran 2018.

Capaian tersebut menjadi yang pertama kali diperoleh semenjak Kabupaten Teluk Wondama berdiri pada 2003 atau 16 tahun silam. Prestasi itupun sekaligus mengakhiri ‘rekor buruk’ selama bertahun-tahun di mana Wondama pernah sedikitnya 4 tahun berturut-turut mendapat disclaimer dan 4 tahun berturut-turut mendapatkan WDP (wajar dengan pengecualian).

Bupati Bernadus Imburi mengaku senang dan bangga karena Wondama akhirnya bisa mewujudkan impian meraih WTP. Diapun mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Pemkab Wondama yang telah bekerja keras memperbaiki tata kelola keuangan dan aset daerah selama 3 tahun belakangan ini.

“Ini hasil bukan dari satu orang, ini kerja semua. Wakil Bupati dengan tugas pengawasannya, Sekda dengan tugas-tugas yang melekat padanya, Inspektorat dan jajarannya dan ditopang oleh seluruh OPD. Juga para bendahara, saya selaku yang memimpin kita mengucapkan terima kasih, terima kasih dan terima kasih, “ kata Imburi.

Bupati menyampaikan itu pada apel gabungan yang dirangkai dengan penyerahan dokumen laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK atas LKPD tahun anggaran 2018 dan laporan hasil evaluasi kinerja reformasi birokrasi di lapangan apel perkantoran Pemda di Isei, Senin (27/5).

Orang nomor satu Wondama itu menekankan agar kerja keras dan kerja sama seluruh jajaran OPD terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan aset daerah harus terus dijaga dan ditingkatkan agar opini WTP yang telah raih dapat dipertahankan.

“Perlu perhatian terhadap tindak lanjut terhadap rekomendasi BPK sehingga hasil ini tetap ada terus. Kalau tidak ada tindaklanjut yang tepat maka bisa jadi kembali WDP. Sekali lagi saya ucapakan terima kasih kepada semua, “ ucap Imburi yang memberi apresiasi khusus kepada Inspektorat dan Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda.

Keberhasilan Pemkab Wondama meraih opini WTP untuk pertama kalinya juga mendapatkan apresiasi dari DPRD. Lembaga legislatif itu menyatakan opini WTP memberi bukti bahwa Bupati bersama jajarannya telah menjalankan tata kelola pemerintahan dengan baik dan penuh dedikasi.

“Semoga ini dapat dipertahankan terus di tahun-tahun yang akan datang, “ ujar Wakil Ketua DPRD Remran Sinadia dalam rapat paripurna penyampaian LKPj bupati tahun 2018 di ruang rapat utama DPRD di Isei, Senin siang. (Nday)

Pos terkait