16 Sampel Swab Negatif Corona, Kasus Positif di Wondama Tetap 3 Orang

  • Whatsapp

WASIOR – Sebanyak 16 dari 19 sampel swab yang dikirim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama menyusul temuan 3 kasus konfirmasi positif virus corona atau Covid-19 telah keluar per 30 Mei dengan hasil seluruhnya dinyatakan negatif.

Itu berarti setelah pengumuman 3 kasus positif pada minggu lalu belum ada penambahan kasus positif baru di Wondama

“Jadi yang 16 hasil yang sudah ada, puji Tuhan hasilnya semua negatif. Data ini menunjukkan di Teluk Wondama belum terjadi transmisi lokal karena tiga kasus positif itu (klaster Gowa) merupakan kasus impor, “kata Juru Bicara Gustu Covid-19 dr. Yoce Kurniawan dalam keterangan pers di Wasior, Sabtu sore.

Dia menjelaskan, 16 swab yang hasilnya negatif tersebut milik dari 2 PDP (pasien dalam pengawasan) yang saat ini menjalani perawatan di RSUD.

Baca Juga :   Isi Liburan, Ratusan Remaja Dan Pemuda Kristen Papua Ikut Camping Rohani

Keduanya berstatus PDP karena pernah kontak dekat dengan kasus positif dan setelah di-rapid test hasilnya menunjukkan reaktif Covid-19. Kasus PDP itu ditemukan setelah tim medis melakukan tracing atau penelusuran riwayat kontak dari tiga kasus positif Covid-19 pertama di Wondama.

Selanjutnya tiga OTG (orang tanpa gejala) yang merupakan keluarga inti dari tiga pasien konfirmasi positif. Serta 11 OTG lain yang pernah kontak dekat dengan 2 kasus PDP tersebut di atas.

“Dan 3 orang yang belum ada hasil itu juga OTG dari kasus PDP, “ ujar dr.Yoce.
Adapun terhadap kasus PDP lain yang masih dalam pemantauan, direncanakan pengambilan sampel swab-nya dilakukan pada Minggu malam.

“Jadi kasus positif 3 orang masih kasus impor, PDP 10 orang sudah selesai pematauan 6 orang sisa 4 orang sementara menunggu hasil swab yang sudah hari ini keluar dan yang belum besok akan lakukan swab untuk PDP dan lusa dikirim (ke Manokwari), “ kata Direktur RSUD Teluk Wondama itu.

Baca Juga :   Kaibi Jadi Lautan Merah, 65 Piring Gantung Sambut Elysa Auri 'Pulang Kampung

Bupati Bernadus Imburi pada kesempatan sebelumnya berharap tidak terjadi penambahan kasus positif Covid-19 di Wondama. Diapun mengajak masyarakat untuk terus memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa agar Tuhan ikut campur tangan membebaskan Wondama dari penyebaran virus corona.

“Kita berdoa semoga 3 orang itu saja yang kena jangan tambah-tambah lagi. Karena€ itu saya mohon semua rakyat dengar anjuran pemerintah (protokol kesehatan) dan laksanakan itu, “ ujar Imburi sewaktu menyerahkan bansos sembako di Kampung Dusner Distrik Kuri Wamesa, Sabtu siang. (Nday)

Pos terkait