Wondama Target IPM Tembus 60 pada 2020

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Bernadus Imburi menargetkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada 2020 bisa mencapai 60 yang berarti berada pada kategori sedang.
Sesuai data Badan Pusat Statistik, IPM Teluk Wondama terus mengalami peningkatan dari tahun 2016 pada posisi 57,16 menjadi 58,10 pada 2017 atau naik sebesar 1,64 poin.
Imburi menyatakan hal tersebut menunjukan ada kemajuan dari sasaran pembangunan manusia selama tahun 2017. Oleh sebab itu seluruh OPD agar terus fokus melaksanakan program dan kegiatan yang mengarah pada peningkatan angka IPM.
“Sehingga kita optimis pada tahun berikutnya IPM Kabupaten Teluk Wondama akan mencapai target 60,“ kata Imburi sewaktu membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Distrik Wasior di aula kantor distrik Wasior, Kamis (14/2/2019).
IPM merupakan salah satu indikator utama pembangunan daerah. Ketika terjadi percepatan pertumbuhan IPM maka pada sudah pasti akan terjadi pula percepatan pembangunan daerah.
Oleh karena itu, Sekretaris Daerah Denny Simbar menekankan semua program dan kegiatan mulai dari tingkat kampung, tingkat distrik hingga tingkat kabupaten yang diusulkan melalui mekanisme Musrenbang hendaknya berbasis pada upaya mendorong peningkatan IPM.
“Kita harus sinergikan, integrasikan dan sinkronisasikan menjadi program-program yang mendukung pertumbuhan IPM, “ ujar Denny.
Berdasarkan laporan kepala distrik Wasior Anthonius Alex Marani, program dan kegiatan yang diusulkan dalam Musrenbang sebanyak 110 paket. Jumlah tersebut merupakan kompilasi hasil Musrenbang tingkat kampung dari 9 kampung dan 1 kelurahan serta dari pihak pemerintah distrik sendiri. (Nday)

Baca Juga :   Proyek Penanganan Lonsor di Makale Dianggarkan Rp 10 Miliar Lebih

Pos terkait