Wondama Siapkan 3 Destinasi Wisata Unggulan Sambut Sail Teluk Cenderawasih

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama mempersiapkan tiga destinasi wisata unggulan untuk disinggahi atau dikunjungi pada perhelatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) yang rencananya digelar tahun depan.

STC 2023 digadang-gadang menjadi perhelatan di laut terbesar yang digelar di Indonesia. Ada 9 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat yang terlibat dalam STC 2023.

Di Provinsi Papua Barat, selain Teluk Wondama ada juga Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan (Mansel).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Teluk Wondama Kristian Mambor, Senin (20/6) di kantornya di Isei menuturkan, rencananya rute STC 2023 yang juga melibatkan yacht atau kapal pesiar dari sejumlah negara akan bermula dari Manokwari.

“Rutenya itu masuk dari Manokwari terus ke Mansel, baru masuk ke Wondama kemudian turun Nabire dan seterusnya dan puncaknya di Biak. Destinasi yang kami tawarkan di Teluk Wondama itu ada tiga. Pertama (Situs religi) Aitumeiri, Kepulauan Auri dengan (Pulau) Rumberpon,” jelas Mambor.

STC 2023 diharapkan bisa menjadi pintu masuk untuk percepatan kemajuan wilayah-wilayah yang berada dalam kawasan Teluk Cenderawasih.

Karena itu, semua daerah yang terlibat mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah pusat dalam bentuk penyiapan infrastruktur maupun sarana penunjang yang dibutuhkan untuk pengembaganan kepariwisataan, perikanan juga sektor lainnya.

“Kita sudah rapat di Jakarta masing-masing Kabupaten sudah mengusulkan infrastruktur apa yang akan dibangun untuk persiapan ke situ lewat Bappenas. Termasuk sampai yang jangka panjang kita kasih masuk seperti Bandara (Bandara baru Teluk Wondama di Mawoi) kita punya itu juga kita kasih masuk,” tutur Mambor.

Lebih dari itu, STC 2023 diharapkan tidak sekedar gelaran seremonial belaka. Namun dapat membawa dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat di dalam kawasan.

“Mungkin sail ini hanya beberapa hari saja. Teluk Wondama mungkin hanya kebagian dua tiga hari. Tapi setelah itu yang kita harapkan dengan apa yang sudah dibangun dari pusat itu ekonomi bisa berkembang,” pungkas eks Pegawai Balai PPIKHL wilayah Maluku dan Papua itu.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor sebelumnya telah menyatakan dukungan terhadap gelaran STC 2023.

Dia juga berharap STC 2023 membawa dampak ekonomi bagi masyarakat Teluk Wondama. (Nday)

Pos terkait