Wabup Pimpin Upacara Hardiknas 2019

  • Whatsapp

MANOKWARI- Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo pimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional  (Hardiknas) 2019, di halaman kantor bupati Sogun (2/5).

Wabup dalam amanatnya membacakan  sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy.

Dikatakan bahwa sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13 menyebutkan tujuan pendidikan  nasional adalah mengembangkan potensi peserta  didik agara menjadi  manusia yang beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, , cakap,  kreatif, , mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrat, serta bertanggungjawab adalah hal yang lumrah  dalam kontestasi demokrasi.

“Dalam momentum seperti ini tanggungjawab untuk selalu menjaga vital bangsa  yang tak ternilai harganya yaitu semangat kerukuan, persaudaraan dan kesatuan” kata Mendikbud.

Dalam rangka menerjemahkan kebijakan di sektor pendidikan, Kemendikbud telah memberi perhatian  khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal. Bahkan memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada  di luar batas negara seperti di Sabah dan Serawak, negara bagian Malasysia.

Peringatan Hardiknas 2019 mengusung tema  ” Menguatkan  pendidikan, memajukan kebudayaan”.

Tema tersebut mencerminkan  pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem  pendidikan  yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan,   guna membingka hadirnya sumberdaya manusia  yang berkualitas.

Dalam persfektif Kemendikbud, pembangunan SDM menekankan  dua penguatan  yaitu pendidikan  karakter  dan penyiapan  generasi terdidik yang terampil , cakap, dalam  memasuki dunia kerja.Sebab di dalam dunia pendidikan. 

Karakter  dimaksudkan  untuk membentuk insan berakhlak mulia, empati, sopan santun, tanggungjawab,  serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali  ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan  yang membutuhkan  profesionalitasnkinerja segenap pemangku kepentingan  dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

“Melalui momentum Hardiknas, marilah  kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan  dan kecakapan yang tinggi yang mampu menjawab tantangan perkembangan zaman  yang semakin kompetitif,” kata Mendikbud.

Pos terkait