Vaksinasi Covid19 di Wondama Baru 29 Persen, Wabup Andi Kayukatuy Ingatkan Warga Tidak Termakan Hoaks

  • Whatsapp

WASIOR – Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy mengajak masyarakat Wondama untuk tidak takut melakukan vaksinasi Covid-19.

Wabup mengatakan, vaksin penting untuk membentuk kekebalan tubuh sehingga bisa memutus rantai penularan virus corona.

“Tapi kalau kita tidak vaksin maka begitu kena virus (corona) kita gampang sakit dan bisa sampai dengan kematian,” ujar Andi, demikian panggilan akrab wakil bupati pada kegiatan Vaksinasi Massal untuk Pelajar, Masyarakat Umum dan Lansia yang berlangsung di Taman Masasoya Topai Wasior, Senin (4/10).

Kegiatan vaksinasi massal ini juga dipantau secara virtual oleh Presiden Joko Widodo yang sedang melakukan kunjungan ke Kota Sorong. Dalam kesempatan itu Satgas Covid-19 bersama Dinas Kesehatan menyiapkan 200 dosis vaksin.

Selain Wabup, ikut hadir Ketua DPRD Herman Sawasemariai, Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Perwira Penghubung Kodim Manokwari Mayor Edison Yepese serta Sekda Denny Simbar dan sejumlah pejabat SKPD.

Kegiatan ini diawali dengan doa bersama mengenang peristiwa banjir bandang 2010 yang menghantam kota Wasior dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu Andi juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mempercayai informasi yang tidak benar atau hoaks terkait vaksin Covid-19. Dia menyatakan vaksin Covid-19 aman dan halal untuk manusia.

“Oleh karena itu saya wanti-wanti masyarakat, saya imbau untuk jangan lagi percaya hoaks atau cerita-cerita bohong yang disebarkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Marilah dengar anjuran pemerintah, dengar tenaga kesehatan, dengar imbauan dan Polisi/TNI karena vaksin itu penting bagi kita,” kata orang nomor dua Pemkab Wondama ini.

9Kepada warga yang telah menerima vaksin, Andi menyampaikan terima kasih dan penghargaan. Dia berharap warga yang telah disuntik vaksin Covid-19 mengajak keluarga, orang-orang terdekat juga orang yang dikenal untuk mau divaksin demi melindungi diri pribadi maupun masyarakat secara keseluruhan.

“Terima kasih bagi warga yang sudah mau divaksin. Terima kasih karena anda memahami pentingnya vaksinasi itu sendiri. Anda sudah menunjukan sesuatu yang baik di depan masyarakat,” sebut mantan Kepala Dinas Sosial sembari menyampaikan penghargaan kepada petugas vaksinasi.

Adapun sampai awal Oktober 2021, cakupan vaksinasi Covid-19 di Teluk Wondama baru mencapai 29 persen. Dalam arahannya kepada para bupati/wali kota se Papua Barat di Kota Sorong, Presiden Joko Widodo meminta agar cakupan vaksinasi terus diperluas.

Kepala negara juga minta kegiatan testing dan tracing terus ditingkatkan agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan. (Nday)

Pos terkait