Tumbuh Kembangkan Minat dan Kegemaran Membaca Anak, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Manokwari Gelar Lomba Bercerita

MANOKWARI- Menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar lomba Cerita tingkat dasar se-kabupaten Manokwari Tahun 2021 yang dilaksanakan di gedung perpustakaan daerah kabupaten Manokwari  selama dua hari (29-30 Mei 2021).

Kegiatan lomba dibuka oleh kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Manokwari Agustinus Moktis yang didampingi oleh kepala Bidang Kearsipan Wiwik HariawanS.Sos. Thema kegiatan lomba bercerita kali ini, Kita Tanamkan Rasa Cinta dan Budaya Bangsa

Ketua panitia dalam laporannya , Wiwik HariawanS.Sos  Menyampaikan bahwa kegiatan lomba tersebut dilangsungkan untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa (baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda).

Selain itu kata Hariawan kegiatan lomba dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa serta mencari bibit-bibit generasi muda dari semua sekolah dasar/Madrasah yang ada dikabupaten Manokwari yang dapat menjadi panutan  dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca.

Baca Juga :   Beri Efek Jera, Kapolres Krey Doakan Ada Kepala Kampung Masuk Bui

Hariawan menjelaskan, Sasaran  lomba diharapkan terpilihnya  siswa/i SD/MI terbaik tingkat kabupaten dalam bercerita berdasarkan buku cerita Budaya daerah  yang terdokumentasi, terpublikasi atau diterbitkan (buku buku tersebut bisa diperoleh dari perpustakaan daerah maupun sekolah) juga  akan tampilnya siswa daerah terbaik dalam bercerita budaya daerah yang dapat mensosialisasikan cerita daerah masing-masing diajang perhelatan  tingkat provinsi dalam mendukung pengembangan kekayaan khasanah budaya Indonesia dan terwujudnya anak-anak yang layak sebagai panutan bagi generasi muda dibidang gemar membaca tahun 2021.

Hariawan menyebut, kegiatan lomba ini melibatkan Dewan juri sebanyak 3 orang yang diikuti oleh peserta lomba  berjumlah 30 siswa/i yang pelaksanaan kegiatannya dibagi dalam 2 sesi yaitu sesi pertama dimulai pada pukul 09.00sd 12.00 sebanyak 15 siswa dan pukul 13.00 SD 17.00 sebanyak 15 siswa.

Adapun Materi yang dilombakan yakni cerita rakyat yang berasal dari daerah/budaya lokal dalam wilayah kabupaten Manokwari prov Papua barat atau provinsi Papua, dan cerita   rakyat yang mengandung nilai kepahlawanan atau legenda.

Baca Juga :   Ramah Tamah Bersama Warga Sogun, Bupati Manokwari Sampaikan Komitmen Akan Menjawab Aspirasi

“Tampilkan yang terbaik dan semoga  dapat mewakili kabupaten Manokwari diajang lomba bercerita tingkat provinsi” harap Hariawan.

Kepala dinas Arsip dan Perpustakaan, Agustinus Moktis dalam sambutannya menyampaikan bahwa  dengan dilaksanakannya lomba Bercerita ini diharapkan agar minat baca anak  jangan pernah berakhir  dan terus dilanjutkan dimanapun berada dengan selalu membaca.

Moktis berpesan disetiap kesempatan yang ada  jangan pernah disia-siakan meskipun saat ini  sudah diera digital terutama penggunaan Handphone tapi jangan sampai lupa membaca untuk mengetahui hal-hal yang bermanfaat dan membaca pun bisa diakses dari smartphone yang dimiliki.

Ia  mengajak semua pihak untuk berperan aktif  mendorong anak terlebih khusus orangtua untuk mengembangkan minat bacanya dan menggunakan waktu dengan  sebaik-baiknya jika berada  dirumah dan mengisi waktunya dengan membaca jika ada waktu luang.

Menurutnya, Anak yang rajin membaca akan memiliki ilmu dan  nilai tambahan dan akan terlihat disekolah dengan pengetahuan yang didapatkan dari membaca.

Baca Juga :   Telan Biaya 1.9 Miliar, Puskesmas Sowi Mulai Berfungsi

“Kegiatan ini jangan sampai berkahir tetapi lanjutkan dirumah dengan membaca dan Ajak orangtua untuk mendengar cerita kalian karena ini sangat bermanfaat”Tandas Moktis.

Pos terkait